PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITOR TERHADAP PERJANJIAN PEMBEBANAN HAK JAMINAN ATAS RESI GUDANG YANG DIBUAT DENGAN AKTA DI BAWAH TANGAN

DEWA MADE ARI WIDYATMIKA, S.H., 031624253026 (2018) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITOR TERHADAP PERJANJIAN PEMBEBANAN HAK JAMINAN ATAS RESI GUDANG YANG DIBUAT DENGAN AKTA DI BAWAH TANGAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karya ilmiah yang berupa tesis ini berjudul Perlindungan Hukum Bagi Kreditor Terhadap Perjanjian Pembebanan Hak Jaminan atas Resi Gudang yang dibuat dengan Akta dibawah tangan. Permasalahan yang diangkat menyangkut keabsahan perjanjian pembebanan hak jaminan atas resi Gudang dan Perlindungan Hukum bagi Kreditor terhadap perjanjian pembebanan hak jaminan atas resi Gudang yang dibuat dengan akta dibawah tangan. Penelitian kaitannya dengan penulisan, tesis ini termasuk katagori penelitian hukum normatif dengan dua pendekatan utama, yaitu; pendekatan perundangundangan dan pendekatan konseptual. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang pengumpulannya dilakukan dengan Teknik dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan pertama, perjanjian pembebanan hak jaminan atas resi Gudang adalah sah apabila dibuat dengan akta otentik dan memberitahukan pembebanan itu ke Pusat Regristrasi. Kedua perjanjian pembebanan hak jaminan atas resi Gudang yang dilakukan dengan akta dibawah tangan tidak memberikan perlindungan hukum bagi bank selaku kreditor, karena bank berposisi hanya sebagai kreditor konkuren, sehingga tidak ada jaminan pelunasan piutangnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 175/18 Wid p
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Kreditor, Jaminan Resi Gudang, Akta Dibawah Tangan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
DEWA MADE ARI WIDYATMIKA, S.H., 031624253026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Sogar Simamora, Prof. Dr., S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2018 13:41
Last Modified: 04 Dec 2018 13:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76148
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item