IDENTIFIKASI PROGRAM DESA WISATA SEBAGAI “BEST PRACTICE” DARI OTTAWA CHARTER ( Studi di Desa Wisata Sugihwaras Kabupaten Kediri )

YUDHI AHMAD ZARNUZI, 101411131088 (2018) IDENTIFIKASI PROGRAM DESA WISATA SEBAGAI “BEST PRACTICE” DARI OTTAWA CHARTER ( Studi di Desa Wisata Sugihwaras Kabupaten Kediri ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.321-18 Zar i ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.321-18 Zar i SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Desa Wisata adalah kegiatan yang di fokuskan untuk pengembangan wilayah sasaran yang bersifat kekhasan wilayah serta berdasar pada besarnya potensi kekuatan pariwisata yang memiliki keterkaitan fungsi dan pengaruh dengan unsur daya tarik wisata. Tujuan penelitian ini adalah gambaran terkait pewujudan tempat pariwisata yang sehat oleh pengurus lembaga desa maupun pihak eksternal yang tentunya tidak akan bisa lepas dari strategi promosi kesehatan “ottawa charter”, sehingga dapat membentuk tempat pariwisata yang aman, nyaman, dan sehat baik untuk wisatawan maupun untuk masyarakat umum. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pedoman wawancara dan FGD, form observasi lapangan serta studi data sekunder dengan pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi dari penelitian ini merupakan pengurus lembaga desa wisata, penanggung jawab kesehatan lingkungan serta promosi kesehatan Puskesmas Ngancar. Komponen dalam strategi promosi kesehatan “Ottawa charter” memiliki lima indikator antara lain membangun kebijakan publik yang sehat, menciptakan lingkungan yang mendukung, penataan ulang pelayanan kesehatan, mengembangkan keterampilan pribadi, dan memperkuat tindakan masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah Desa Wisata Sugihwaras telah melakukan dan menerapkan upaya promosi kesehatan secara tidak langsung dengan baik dan seluruh aspek pemberdayaan kepada anggota lembaga desa wisata “ladewi” ini telah mencakup lima aspek strategi promosi kesehatan. Dengan rekomendari yang diberikan kepada pengurus lembaga desa wisata adalah penguatan secara internal dan penguatan secara administratif kelembagaan. Serta untuk stakeholder terkait adalah peningkatan peran dan dukungan penuh terhadap upaya promosi kesehatan di tempat pariwisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.321/18 Zar i
Uncontrolled Keywords: Tourism Village, Ottawa Charter, Healthy Tourism, Health Promotion
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
YUDHI AHMAD ZARNUZI, 101411131088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorOedojo Soedirham, dr., M.PH., M.A., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 04 Dec 2018 13:47
Last Modified: 11 Dec 2018 15:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76149
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item