ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI KEMITRAAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA PELAYANAN STIMULASI DETEKSI DAN INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK BALITA (Studi Bidan Desa Dalam Pelayanan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Balita di Kabupaten Gresik)

UMMI KHOIROH, NIM 101314453036 (2018) ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI KEMITRAAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA PELAYANAN STIMULASI DETEKSI DAN INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK BALITA (Studi Bidan Desa Dalam Pelayanan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Balita di Kabupaten Gresik). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 27_18 Kho a ABSTRAK.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 27_18 Kho a.pdf
Restricted to Registered users only until 5 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu fasilitas dan penyelenggaraan kesehatan yang komprehensif bagi anak adalah penyelengaraan pelayanan kesehatan anak balita melalui Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK). Rendahnya cakupan pelayanan SDIDTK anak balita di Kabupaten Gresik tahun 2012-2014 dengan rata-rata 69,45% belum mencapai target yang ditetapkan yaitu 80%. Peningkatan kinerja pelayanan SDIDTK anak balita dapat dilakukan dengan meningkatkan implementasi prinsip kemitraan dan komunikasi interpersonal bidan desa dengan guru TK. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh implementasi prinsip kemitraan dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja pelayanan kesehatan anak balita. Jenis penelitian ini merupakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di Kabupaten Gresik dengan populasi adalah 356 bidan desa dan sampel sebesar 177 bidan desa. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar bidan desa berumur 41-50 tahun, berpendidikan Akademi Kebidanan, berstatus PNS, dan memiliki masa kerja terbanyak 21-25 tahun. Implementasi prinsip kemitraan berkriteria baik. Komunikasi interpersonal berkriteria komunikatif. Kinerja bidan desa berkriteria kurang baik. Hasil uji regresi linier menunjukkan adanya pengaruh implementasi prinsip kemitraan terhadap capaian kinerja, komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap kinerja, komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap implementasi prinsip kemitraan, serta secara bersama sama implementasi prinsip kemitraan dan komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap kinerja. Kesimpulan dari penelitian adalah semakin baik prinsip kemitraan yang dijalankan oleh bidan desa, maka semakin baik capaian kinerja bidan desa dalam pelayanan SDIDTK. Semakin komunikatif bidan desa, maka semakin baik capaian kinerja bidan desa dalam pelayanan SDIDTK. Semakin sangat komunikatif bidan desa, maka semakin baik implementasi kemitraan yang dilakukan bidan desa dalam pelayanan SDIDTK. Saran yang direkomendasikan adalah bidan desa harus memiliki kemampuan membangun komunikasi interpersonal yang efektif, dan mengikuti kegiatan pelatihan SDIDTK anak balita.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 27/18 Kho a
Uncontrolled Keywords: Prinsip Kemitraan, Komunikasi Interpersonal, Kinerja Bidan Desa, SDIDTK.
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
UMMI KHOIROH, NIM 101314453036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., M.S.UNSPECIFIED
ConsultantShrimarti Rukmini Devy, Dr., Dra., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 05 Dec 2018 13:32
Last Modified: 05 Dec 2018 13:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76165
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item