CITRA PEREMPUAN DALAM KUMPULAN CERPEN PEREMPUAN PATAH HATI YANG KEMBALI MENEMUKAN CINTA MELALUI MIMPI KARYA EKA KURNIAWAN

EKO DWI SUSILO, 121311133118 (2018) CITRA PEREMPUAN DALAM KUMPULAN CERPEN PEREMPUAN PATAH HATI YANG KEMBALI MENEMUKAN CINTA MELALUI MIMPI KARYA EKA KURNIAWAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULL TEXT FS BI 76 18 Sus c.pdf
Restricted to Registered users only until 5 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “Citra Perempuan Dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi Karya Eka Kurniawan” memanfaatkan teori struktur milik Tzvetan Todorov karena menghadirkan citra perempuan melalui tindakan kekerasan dalam keenam cerpen pada kumpulan cerpen tersebut. Judul keenam cerpen tersebut, antara lain Gerimis Yang Sederhana, Gincu Ini Merah Sayang, Perempuan Patah Hati Yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi, Penafsir Kebahagiaan, Jangan Kencing Di Sini, dan Pelajaran Memelihara Burung Beo. Citra perempuan dalam tindakan kekerasan yang secara konsisten hadir pada keenam cerpen tersebut menghadirkan asumsi bahwa ada makna secara tekstual yang perlu dikaji lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra perempuan yang hadir bersama tindak kekerasan dan makna kehadiran mereka yang konsisten. Penelitian ini menghasilkan temuan dalam unsur-unsur aspek verbal cerpen, yaitu ragam bahasa, modus, kala, sudut pandang, dan penuturan. Terdapat unsur yang sama pada keenam cerpen tersebut, antara lain ragam bahasa menggunakan tokoh perempuan yang selalu mengalami tindakan kekerasan, penggunaan modus discours raconte yang tetap, tatanan peristiwa dan penceritaan yang bersifat retropeksi, dan sudut pandang menggunakan fokalisasi nol. Tindakan kekerasan yang dialami oleh tokoh perempuan dalam keenam cerpen tersebut dapat membentuk citra perempuan yang masih ketakutan, lemah, pasrah, dan tidak berdaya di bawah dominasi laki-laki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 76/18 Sus c
Uncontrolled Keywords: Novel, Citra Perempuan, Tindakan Kekerasan, Aspek Verbal
Subjects: P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
EKO DWI SUSILO, 121311133118UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDiah Ariani Arimbi, , S.S.,M.A.Ph.D.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 05 Dec 2018 13:42
Last Modified: 05 Dec 2018 13:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76166
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item