REKOMENDASI PENINGKATAN PEMBELIAN OBAT BERDASARKAN ANALISIS PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru Sidoarjo)

HARTATIE, NIM.: 101614453029 (2018) REKOMENDASI PENINGKATAN PEMBELIAN OBAT BERDASARKAN ANALISIS PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru Sidoarjo). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 28_18 Har r ABSTRAK.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 28_18 Har r.pdf
Restricted to Registered users only until 5 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilandasi masalah jumlah resep rawat jalan yang tidak dibeli di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru terus meningkat pada tahun 2014 hingga 2016 dengan rata-rata sebesar 10,0% dan belum tercapai sesuai target <5%. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rekomendasi guna meningkatkan pembelian obat pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru. Jenis penelitian adalah observasional dengan pendekatan analitik. Sampel penelitian adalah pasien rawat jalan yang mendapat resep dari poli umum dan poliklinik spesialis. Besar sampel penelitian sebesar 157 sampel dengan teknik consecutive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data penelitian dianalisis secara univariat dan multivariat menggunakan regresi logistik (p=0,05). Hasil analisis terdapat lima variabel yang signifikan dan memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian; yaitu usia (p=0,036), kelompok acuan (p=0,007), peran (p=0,001), motivasi (p=0,001) dan sikap (p=0,018). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: karakteristik sosial dan karakteristik psikologi pasien rawat jalan punya pengaruh besar terhadap keputusan pembelian pasien, sedangkan karakteristik individu mempunyai pengaruh kecil terhadap keputusan pembelian obat di Instalasi Farmasi. Pasien rawat jalan Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru melakukan pengenalan kebutuhan dengan baik, namun kurang baik dalam melakukan pencarian informasi dan evaluasi alternatif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 28/18 Har r
Uncontrolled Keywords: karakteritik individu-sosial-psikologi, pengambilan keputusan pembelian obat, Farmasi Rumah Sakit.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
HARTATIE, NIM.: 101614453029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSetya Haksama, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 05 Dec 2018 14:16
Last Modified: 05 Dec 2018 14:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76172
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item