ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP OBAT JADI DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA (Studi di Unit Kerja Farmasi Rawat Jalan-1 RSU ‘Aisyiyah Ponorogo)

HERIYANTO, NIM 101614453012 (2018) ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP OBAT JADI DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA (Studi di Unit Kerja Farmasi Rawat Jalan-1 RSU ‘Aisyiyah Ponorogo). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 29_18 Her a ABSTRAK.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 29_18 Her a.pdf
Restricted to Registered users only until 5 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencapaian waktu tunggu pelayanan resep obat jadi di Farmasi Rawat Jalan- 1 RSU „Aisyiyah Ponorogo dalam kurun waktu 2015-2017 belum bisa mencapai target waktu ditentukan, secara rata-rata selama tiga tahun menjadi lebih lama sekitar 8 menit dibandingkan dari standar yaitu ≤ 30 menit. Tujuan penelitian ini adalah menyusun rekomendasi untuk mempercepat waktu tunggu pelayanan resep obat jadi di Farmasi Rawat Jalan-1 RSU „Aisyiyah Ponorogo dengan manajemen mutu menggunakan metode pendekatan Six Sigma. Penelitian ini merupakan penelitian observasional menggunakan desain deskriptif dengan cross sectional selama 4 minggu. Penelitian ini melakukan observasi dengan menghitung waktu pelayanan dan waktu tunggu terhadap tahapan pelayanan yang tertulis dalam alur pelayanan resep obat jadi mulai obat diserahkan sampai dengan obat siap diberikan atau obat diserahkan ke pasien atau keluarganya. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, sedangkan metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Pemilihan subyek penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah subyek penelitian 330. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada 21 SPO yang belum pernah dievaluasi, ada 18 aktivitas yang belum mempunyai SPO. Jumlah waktu pelayanan resep obat jadi sebesar 10.08 menit dan jumlah waktu tunggu 26.58 menit dan jumlah total keseluruhan adalah 36.66 menit yang berarti belum memenuhi standar. Sejumlah 10 aktivitas dari 13 aktivitas dalam waktu pelayanan resep obat jadi masuk dalam kriteria CTQ, sedangkan 8 tahapan waktu tunggu ada 6 yang masuk dalam kriteria CTQ. Kesimpulan bahwa waktu tunggu pelayanan resep obat jadi di Farmasi rawat jalan-1 RSU „Aisyiyah Ponorogo belum memenuhi standar dengan sigma yang masih rendah. Disarankan untuk memisah alur pelayanan resep umum dan resep BPJS Kesehatan serta mengimplementasikan rekomendasi lainya yang telah disepakati melalui diskusi kelompok serta dilakukan pemantauan dan evaluasi untuk menju 5-sigma.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 29/18 Her a
Uncontrolled Keywords: waktu tunggu pelayanan resep obat jadi, farmasi rawat jalan rumah sakit, alur pelayanan, Six sigma
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
HERIYANTO, NIM 101614453012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantDjazuly Chalidyanto, Dr., S.KM., MARSUNSPECIFIED
ConsultantWidodo J.P., M.S., M.PH., Dr.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 05 Dec 2018 14:26
Last Modified: 05 Dec 2018 14:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76174
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item