UPAYA PENINGKATAN CAPAIAN MURID SD/MI UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS (Studi di Puskemas Kabupaten Lumajang)

TIRA HAMDILLAH SKRIPSA, NIM. 101614453053 (2018) UPAYA PENINGKATAN CAPAIAN MURID SD/MI UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS (Studi di Puskemas Kabupaten Lumajang). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 30_18 Skr u ABSTRAK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 30_18 Skr u.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebanyak 9 Puskesmas di Kabupaten Lumajang yang tidak memenuhi target cakupan murid SD/MI mendapat pelayanan gigi dan mulut. Tujuan Penelitian ini adalah memberikan rekomendasi dalam upaya peningkatan capaian murid SD/MI untuk mendapatkan pelayanan gigi dan mulut di Puskesmas. Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancang bangun penelitian potong lintang. Lokasi penelitian di wilayah kerja Puskemas Rogotrunan dan Pasirian Kabupaten Lumajang. Waktu penelitian pada bulan Januari 2017 sampai dengan Mei 2018. Populasi dan sampel penelitian ini adalah pemegang program UKGS Puskemas, guru UKS, orang tua dan murid SD/MI yang pernah dirujuk ke Puskesms melalui program UKGS sebanyak 93 orang. Hasil penelitian ini antara lain, 1) ketersediaan pelayanan gigi dan mulut, jam buka pelayanan, tenaga kesehatan, tarif pelayanan dan sarana dan prasarana di Puskesmas sudah baik dan sesuai standar; 2) belum semua SD/MI memiliki kebijakan yang mendukung UKGS dan peran Guru UKS masih kurang dalam kegiatan UKGS, serta sebagian besar SD/MI memiliki social support yang tinggi terhadap kegiatan UKGS; 3) sebagian besar orang tua memiliki social support, pengetahuan dan motivasi yang tinggi untuk memanfaatkan pelayanan gigi dan mulut di Puskesmas; 4) sebagian besar murid SD/MI memiliki persepsi yang baik, pengetahuan, dan intention yang tinggi; 5) sebagian besar murid SD/MI memanfaatkan pelayanan gigi dan mulut di Puskesmas; 6) social support orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap pemanfaatan pelayanan gigi dan mulut murid SD, tetapi intention murid SD/MI tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pemanfaatan pelayanan gigi dan mulut murid SD/MI. Salah satu rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah melakukan sosialisasi mengenai kesehatan gigi dan mulut tidak hanya kepada guru UKS dan murid SD/MI tetapi juga mengundang orang tua murid SD/MI dan meningkatkan koordinasi antara orang tua, sekolah dan Puskesmas agar tindak lanjut pelayanan gigi murid SD/MI setelah mendapatkan rujukan dapat terjaga dengan baik

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 30/18 Skr u
Uncontrolled Keywords: sosial support orang tua, persepsi murid SD/MI, pemanfaatan pelayanan gigi
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
TIRA HAMDILLAH SKRIPSA, NIM. 101614453053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantSetya Haksama, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantRachmat Hargono, Dr., dr., M.S. M.P.,UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 06 Dec 2018 09:21
Last Modified: 06 Dec 2018 09:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76205
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item