UPAYA PENINGKATAN KEBERHASILAN PENGOBATAN TUBERKULOSIS PARU BERDASARKAN ANALISIS PATIENT ENGAGEMENT (Studi di Puskesmas Wilayah Surabaya Utara)

SYACHRONI, NIM. 101614453005 (2018) UPAYA PENINGKATAN KEBERHASILAN PENGOBATAN TUBERKULOSIS PARU BERDASARKAN ANALISIS PATIENT ENGAGEMENT (Studi di Puskesmas Wilayah Surabaya Utara). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 31_18 Sya u ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 31_18 Sya u.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Patient engagement telah menjadi prioritas bagi penyedia layanan kesehatan dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan kualitas dan hasil perawatan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan tingkat keberhasilan pengobatan tuberkulosis (TB) paru di Surabaya berdasarkan analisis patient engagement. Pengumpulan data penelitian dengan metode potong lintang telah dilakukan pada Maret hingga April tahun 2018 terhadap 126 pasien TB paru yang mendapatkan pengobatan TB di 12 Puskesmas Wilayah Surabaya Utara. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner terstruktur yang berisi pertanyaan mengenai karakteristik sosiodemografi pasien, riwayat komorbid, riwayat pengobatan dan penilaian terhadap engagement pasien, kualitas layanan yang dirasakan, kepemilikan dan keaktifan PMO. Analisis data dilakukan masing-masing. secara deskriptif dan analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan tingkat keberhasilan pengobatan TB di Puskesmas Wilayah Surabaya Utara telah mencapai target nasional minimal 90%. Hasil uji statistik menunjukkan umur dan jenis kelamin pasien serta kejadian efek samping OAT secara signifikan berpengaruh terhadap patient engagement. Penyakit komorbid, pekerjaan dan kepemilikan PMO diketahui tidak memiliki pengaruh pada patient engagement. Kepuasan pasien secara konsisten berpengaruh terhadap patient engagement. Analisis lebih lanjut dari variabel kepuasan pasien hanya kualitas interpersonal petugas TB yang secara langsung mempengaruhi patient engagement, sedangkan aktivasi pasien dan kepatuhan pasien dari patient engagement diketahui memiliki pengaruh pada keberhasilan pengobatan. Rekomendasi yang dapat diberikan berupa engagement pasien selama mengikuti pengobatan sangat penting untuk dipertahankan demikian juga dengan kepuasan pasien dalam pelayanan pengobatan TB sehingga tingkat keberhasilan pengobatan dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 31/18 Sya u
Uncontrolled Keywords: patient engagement, tuberkulosis, success rate, kualitas layanan, kepuasan
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
SYACHRONI, NIM. 101614453005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantS. Supriyanto, Prof. Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
Thesis advisorIra Nurmala, S.KM., M.PH., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 06 Dec 2018 09:41
Last Modified: 06 Dec 2018 09:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76217
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item