MITOS GAYA HIDUP SEHAT DALAM DRAMA KOREA ‘OH MY VENUS’

MALISA AMALIA CHOSUN, 071411531059 (2018) MITOS GAYA HIDUP SEHAT DALAM DRAMA KOREA ‘OH MY VENUS’. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.67 18 Cho m.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.67 18 Cho m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.67 18 Cho m.pdf

Download (703kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mitos gaya hidup sehat yang ditampilkan dalam drama Korea ‘Oh My Venus’. Penelitian ini menjadi menarik karena Korean wave atau hallyu ini sendiri merupakan tren yang cukup booming di Indonesia. Dalam drama Korea kebanyakan mengedepankan kecantikan dengan instan, seperti sesorang yang melakukan operasi plastik kemudian hidupnya berupah. Namun, dalam drama Korea ‘Oh My Venus’ ini tidak membahas melulu soal kecantikan, namun lebih ke gaya hidup sehat. Adanya penelitian ini menjadi salah satu penelitian terkait gaya hidup sehat namun dengan studi media yang disebarkan oleh Korea Selatan namun secara global. Metodologi yang digunakan dalam mendeskripsikan bagaimana gaya hidup sehat yang terdapat dalam drama ini adalah semiotika dari Roland Barthes. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah, “Bagaimana gaya hidup sehat yang ditampilkan dalam drama Korea ‘Oh My Venus’? Peneliti di sini melakukan dua pemaknaan yaitu denotasi dan konotasi, yang kemudian dihubungkan dengan teori-teori yang telah terdapat dalam tinjauan pustaka. Diantaranya yaitu, Korean wave, pop culture, karakteristik drama Korea, gaya hidup sehat, budaya konsumen, perilaku konsumen, serta masyarakat urban. Dari analisis yang dilakukan, hasil dari penelitian mitos gaya hidup sehat dalam Drama Korea ‘Oh My Venus’ ini menegaskan bahwa gaya hidup sehat tidak hanya soal makanan yang dikonsumsi, namun juga soal olahraga teratur, pola tidur yang teratur, dan juga soal kesehatan jiwa. Namun, dalam melakukan gaya hidup sehat perlu usaha tersendiri, karena selain perlu meluangkan waktu tersendiri, juga memerlukan biaya tertentu untuk melakukannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.67/18 Cho m
Uncontrolled Keywords: Hallyu, Korean wave, Drama Korea, gaya hidup sehat, mitos, masyarakat urban
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
MALISA AMALIA CHOSUN, 071411531059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 07 Dec 2018 10:31
Last Modified: 07 Dec 2018 10:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76282
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item