PENGALAMAN PENDERITA SKIZOFRENIA MENDAPAT DUKUNGAN SESAMA PENDERITA (PEER SUPPORT)

Clara Agustina, 131611123076 (2018) PENGALAMAN PENDERITA SKIZOFRENIA MENDAPAT DUKUNGAN SESAMA PENDERITA (PEER SUPPORT). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKP.N.177-18 Agu p ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK FKP.N.177-18 Agu p SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Dukungan sesama penderita (peer support) merupakan salah satu upaya pemulihan skizofrenia dengan pendekatan psikososial. Metode: Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang pengalaman penderita skizofrenia mendapat dukungan sesama penderita (peer support) di Komunitas Peduli Skizofrenia (KPSI) Simpul Malang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi dengan wawancara semi terstruktur. Partisipan diperoleh melalui metode purposive sampling dan snowball sampling yaitu penderita skizofrenia yang sudah sembuh atau remisi berjumlah 10 orang. Analisa tematik menggunakan IPA (Interpretative Phenomenological Analysis, mulai dari membaca transkrip verbatim sampai mencari pola tema antar partisipan. Hasil : Penelitian ini menghasilkan 13 tema yaitu : penyebab, gejala, perjalanan penyakit, upaya mencari kesembuhan, hasil dari pengobatan, respons keluarga, upaya keluarga mendukung kesembuhan, hambatan yang dirasakan, informasi mengenai wadah dukungan, bentuk dukungan, keaktifan di media sosial, makna yang dirasakan, dan manfaat yang diperoleh. Diskusi: Kesimpulan penelitian menggambarkan bahwa penderita skizofrenia dengan riwayat dan latar belakang yang berbeda-beda mendapat dukungan sesama penderita berupa dukungan emosional, dukungan informasi, dan dukungan instrumental. Dukungan sesama penderita membuat penderita merasa tidak sendiri, mempunyai harapan sembuh, mempunyai suasana hati positif, dan rasa percaya diri meningkat. Manfaat dukungan sesama penderita adalah adanya peningkatan kemampuan mengontrol gejala skizofrenia dan bersosialisasi serta kemudahan dari tenaga kesehatan berupa kemudahan prosedur di RS dan kemudahan komunikasi. Manfaat baik dukungan sesama penderita lebih dirasakan oleh penderita yang sudah lama bergabung dengan organisasi (lebih dari 4 tahun). Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai topik bahasan di kelas maupun praktik pelayanan kesehatan jiwa. Penelitian selanjutnya diharapkan meneliti dengan desain dan karakteristik subjek yang berbeda untuk melihat adanya hubungan dukungan sesama penderita dengan kualitas hidup penderita skizofrenia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.177/18 Agu p
Uncontrolled Keywords: experience, peer support, schizophrenia, mental health
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA790-790.95 Mental health. Mental illness prevention
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
Clara Agustina, 131611123076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAh. Yusuf S., Dr., S. Kp., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
ContributorRr. Dian Tristiana, S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 Dec 2018 15:04
Last Modified: 11 Dec 2018 15:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76312
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item