HUBUNGAN KETERSEDIAAN, POLA KONSUMSI DAN ASUPAN GULA, GARAM DAN LEMAK (GGL) DARI MAKANAN JAJANAN DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK SEKOLAH DI KOTA SURABAYA

NAWANG FERRY RISKY MEGA PUSPITA, 101611223013 (2018) HUBUNGAN KETERSEDIAAN, POLA KONSUMSI DAN ASUPAN GULA, GARAM DAN LEMAK (GGL) DARI MAKANAN JAJANAN DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK SEKOLAH DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.GZ 29 - 18 Pus h-Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.GZ 29 - 18 Pus h.pdf
Restricted to Registered users only until 10 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anak sekolah dasar umumnya menghabiskan ¼ waktunya untuk belajar di sekolah. Namun hanya sebanyak 5% anak sekolah yang membawa bekal, sehingga untuk memenuhi kebutuhan asupan sehari maka anak sekolah akan mencari makanan di sekeliling sekolah. Makanan jajanan yang disediakan oleh kantin maupun penjual di luar sekolah umunya mengandung gula, garam dan lemak dalam jumlah yang melebihi batas. Dengan asupan tinggi kalori disertai aktifitas yang rendah biasanya anak sekolah mengalami status gizi lebih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan ketersediaan, pola konsumsi dan asupan Gula, Garam dan Lemak (GGL) dari makanan jajanan dengan status gizi pada anak sekolah di Kota Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Penelitian di lakukan di SDN Kalisari II/513 dan SD Muhammadiyah 8 Surabaya. Sampel terdiri dari 131 siswa, diambil secara proportional random sampling. Pengumpulan data meliputi pengukuran berat badan dan tinggi badan, ketersediaan makanan jajanan, semi kuantitatif food frequencymakanan jajanan dan wawancara karakteristik responden, karakteristik orang tua/wali dan pola konsumsi makanan jajanan. Analisis yang digunakan yaitu uji chi square dan korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan ada tidak ada hubungan ketersediaan (p>0,05), pola konsumsi makanan jajanan (p>0,05), asupan gula (p=0,220), asupan garam (p=0,261) dan lemak (p=0,250) dengan status gizi anak sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketersediaan, pola konsumsi dan asupan gula, garam dan lemak dari makanan jajanan tidak mempengaruhi status gizi karena status gizi anak tidak hanya dipengaruhi oleh konsumsi makanan dan minuman jajanan saja tetapi dipengaruhi oleh tingkat konsumsi dari makanan total yang dikonsumsi sehari-hari, selain itu asupan zat gizi yang masuk digunakan utuk pertumbuhan, pematangan organ dan aktivitas sehari-hari pada anak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM GZ 29/ 18 Pus h
Uncontrolled Keywords: availability, consumtion pattern, sugar, salt and fat intake, nutrition status
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Program Studi Gizi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NAWANG FERRY RISKY MEGA PUSPITA, 101611223013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAnnis Catur Adi, Dr., Ir., M.Si,UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:13
Last Modified: 10 Dec 2018 09:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76359
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item