ANALISIS MODEL MATEMATIKA ORDE FRAKSIONAL PENGUJIAN YANG TIDAK SEMPURNA UNTUK PENYAKIT MENULAR PADA INDIVIDU

ANGGI DWI PUTRI, 081411231079 (2018) ANALISIS MODEL MATEMATIKA ORDE FRAKSIONAL PENGUJIAN YANG TIDAK SEMPURNA UNTUK PENYAKIT MENULAR PADA INDIVIDU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
MPM. 84-18 Put a.pdf
Restricted to Registered users only until 10 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengujian yang tidak sempurna terhadap individu dengan gejala penyakit menular mengakibatkan kesalahan dalam diagnosa. Kondisi ini menyebabkan individu yang sebenarnya sehat menjadi dianggap terinfeksi. Sumber pengobatan yang diberikan menjadi tidak efektif dan penyakit dapat dengan mudah menyebar menjadi wabah. Pendekatan model matematika digunakan untuk menggambarkan dinamika pengujian yang tidak sempurna untuk penyakit menular pada individu dan dijadikan sebagai wawasan dalam pengendalian wabah. Pada skripsi ini dilakukan analisis kestabilan titik setimbang model matematika orde fraksional pengujian yang tidak sempurna untuk penyakit menular pada individu. Berdasarkan analisis model, diperoleh dua titik setimbang yaitu titik setimbang bebas penyakit dan titik setimbang endemik. Titik setimbang bebas penyakit stabil asimtotis jika 1 0 R  , sedangkan titik setimbang endemik stabil asimtotis jika 1 0  R . Pada penelitian ini juga dilakukan simulasi numerik dengan variasi orde fraksional dan analisis sensitivitas untuk mengetahui faktor yang berpengaruh pada perubahan populasi dalam model matematika. Berdasarkan hasil simulasi numerik, pada kondisi bebas penyakit, diperoleh bahwa penurunan populasi individu rentan dianggap terinfeksi dapat mengurangi populasi individu terinfeksi dengan atau tanpa perawatan dan meningkatkan populasi individu sembuh. Pada kondisi endemik, penurunan populasi individu rentan dianggap terinfeksi dapat meningkatkan populasi individu terinfeksi dengan atau tanpa perawatan, karena populasi yang dianggap terinfeksi dapat benar-benar terinfeksi akibat interaksinya dengan populasi terinfeksi. Selain itu juga dapat meningkatkan populasi individu sembuh. Keyword: Penyakit Menular, Pengujian Yang Tidak Sempurna, Sensitivitas, Spesifisitas, Model Matematika Orde Fraksional, Titik Setimbang, Kestabilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 84/18 Put a
Uncontrolled Keywords: Penyakit Menular, Pengujian Yang Tidak Sempurna, Sensitivitas, Spesifisitas, Model Matematika Orde Fraksional, Titik Setimbang, Kestabilan
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC109-216 Infectious and parasitic diseases
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
ANGGI DWI PUTRI, 081411231079UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMohammad Imam Utoyo, Dr. M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorWindarto, Dr. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:22
Last Modified: 10 Dec 2018 09:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76364
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item