APLIKASI SISTEM PAKAR DETEKSI DINI TINGKAT RISIKO PREEKLAMPSIA PADA IBU HAMIL DENGAN FUZZY LOGIC DAN CERTAINTY FACTOR

KURNIA CAHAYANTI, 081411231051 (2018) APLIKASI SISTEM PAKAR DETEKSI DINI TINGKAT RISIKO PREEKLAMPSIA PADA IBU HAMIL DENGAN FUZZY LOGIC DAN CERTAINTY FACTOR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
MPM. 85-18 Cah a.pdf
Restricted to Registered users only until 10 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Preeklampsia merupakan salah satu komplikasi kehamilan yang menempati urutan kedua penyebab kematian ibu saat masa kehamilan. Kematian yang terjadi pada ibu hamil saat masa kehamilan umumnya dapat dicegah apabila komplikasi tersebut dapat dideteksi sejak dini, kemudian mendapatkan penanganan yang tepat pada saat kritis seperti pada masa akan bersalin. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi sistem pakar deteksi dini tingkat risiko preeklampsia pada ibu hamil dengan fuzzy logic dan certainty factor. Kedua metode tersebut digabungkan dengan tahapan meliputi identifikasi masalah, analisis kebutuhan berupa gejala dan jenis preeklampsia, penentuan rules, pengembangan sistem pakar, perancangan sistem, implementasi contoh kasus, pengujian sistem, serta evaluasi. Variabel yang digunakan yaitu tekanan darah sistolik, tekanan darah diastolik, kenaikan berat badan, usia kehamilan dan ibu, edema, serta proteinuria. Semua variabel diproses menggunakan fuzzy logic dengan tahapan fuzzyfikasi, penentuan rules, implikasi min, komposisi aturan max, serta defuzzyfikasi yang kemudian dilanjutkan menggunakan certainty factor dengan tahapan CF kombinasi dan CF gabungan. Output sistem berupa jenis tingkat risiko kehamilan seperti hamil normal, preeklampsia ringan, dan preeklampsia berat disertai dengan nilai derajat kepercayaan dan faktor kepastian. Sistem pakar ini menggunakan pemrograman Visual Basic. Evaluasi hasil diagnosa kerja sistem dibandingkan dengan hasil diagnosa pakar terhadap 20 data serta prosentase akurasi sistem sebesar 85%. Kata Kunci: Preeklampsia, Fuzzy Logic, Certainty Factor, Visual Basic.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 58-18 Cah a
Uncontrolled Keywords: Preeklampsia, Fuzzy Logic, Certainty Factor, Visual Basic.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
KURNIA CAHAYANTI, 081411231051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:31
Last Modified: 10 Dec 2018 09:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76369
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item