REPRESENTASI SENSUALITAS PEREMPUAN DALAM MUSIC VIDEO GIRLBAND STELLAR YANG BERJUDUL “STING” DAN “CRYING”

Dimas Putra Wardani, 071411531053 (2018) REPRESENTASI SENSUALITAS PEREMPUAN DALAM MUSIC VIDEO GIRLBAND STELLAR YANG BERJUDUL “STING” DAN “CRYING”. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.70 18 War r.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.70 18 War r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.70 18 War r.pdf

Download (459kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi sensualitas perempuan dalam music video dari girlband Stellar yang berjudul “Sting” dan “Crying”. Representasi perempuan yang dilakukan dalam media massa seringkali menampilkan perempuan sebagai sosok yang memiliki keindahan, dan keindahan tersebut menjadi konsumsi oleh penonton, sebagaimana yang dijelaskan oleh Mulvey (1975) bahwa kamera dianalogikan sebagai mata laki-laki atau male gaze. Representasi sensualitas perempuan menjadi penting karena sering kali media massa memberikan penggambaran yang bias terhadap sosok perempuan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah representasi sensualitas perempuan yang muncul di dalam music video berdasarkan aspek fisik, yang meliputi atribut yang dilekatkan pada sosok perempuan, dan kerja kamera yang bertugas mengambil gambar, serta ideologi apa yang tampak dari representasi tersebut. Untuk tinjauan pustaka yang digunakan oleh peneliti adalah representasi, sensualitas: komodifikasi tubuh perempuan, girlband: perempuan dalam media massa, fetisisme: pemujaan tubuh perempuan, voyeurisme, dan semiotik. Sedangkan metode yang digunakan oleh peneliti untuk menginterpretasi data adalah analisis semiotik milik John Fiske (1987) yaitu three levels of social codes yang mengkaji tentang produk media massa berupa media audio visual melalui level realitas, representasi dan ideologi. Berdasarkan analisis, temuan yang didapatkan adalah representasi sensualitas perempuan yang muncul di dalam music video Stellar yang berjudul “Sting” dan “Crying” ditunjukkan dengan pakaian yang minim dan terbuka, gestur dan ekspresi yang menggoda, serta teknik kamera yang menyorot bagian tubuh perempuan seperti dada, paha, dan kaki. Kenikmatan visual yang dihasilkan dari mengintip perempuan juga ditampilkan dalam music video Stellar ini. Sedangkan ideologi yang tampak adalah ideologi patriarki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.70/18 War r
Uncontrolled Keywords: Representasi, Sensualitas, Perempuan, Video Klip, Semiotik, Audio Visual, K-Pop.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Dimas Putra Wardani, 071411531053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYayan Sakti Suryandaru, Dr., S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Dec 2018 10:44
Last Modified: 10 Dec 2018 10:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76389
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item