ANALISIS KESENJANGAN SUPPLY DAN NORMATIVE NEED SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN DOKUMEN RENCANA KAPASITAS (Studi tentang Penanganan Neonatus Kasus Bayi Berat Lahir Rendah di RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik)

TITIK MAIMANAH, NIM.: 101614453057 (2018) ANALISIS KESENJANGAN SUPPLY DAN NORMATIVE NEED SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN DOKUMEN RENCANA KAPASITAS (Studi tentang Penanganan Neonatus Kasus Bayi Berat Lahir Rendah di RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 42_18 Mai a ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 42_18 Mai a.pdf
Restricted to Registered users only until 10 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Angka Net Death Rate (NDR) pasien neonatus kasus BBLR di NICU RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik hasil nya lebih tinggi dari standar nasional yang dipersyaratkan dan angka capaian penanganan pasien neonatus BBLR berat 1500- 2500 gram lebih rendah dari nilai standar nasional yang dipersyaratkan pada tahun 2014-2017. Tujuan umum penelitian adalah menyusun dokumen rencana kapasitas pelayanan pasien neonatus kasus BBLR berdasarkan analisis kesenjangan normative need and supply di ruang NICU RSIS. Penelitian observasional tanpa ada intervensi dilakukan dengan tehnik wawancara dan penilaian menggunakan pengisian checklist yang dilaksanakan di NICU RSIS. Penelitian ini mengumpulkan data sekunder yang berupa data SDM, data fasilitas dan data kebijakan internal rumah sakit yang tersedia. Penghitungan proyeksi pasien neonatus kasus BBLR dilakukan menggunakan rumus regresi linier sederhana untuk menentukan normative need serta menganalisis kesenjangan antara supply dan normative need layanan pasien neonatus kasus BBLR. Hasil penelitian ini adalah proyeksi jumlah pasien neonatus kasus BBLR semakin lama semakin meningkat sekitar 6-7% setiap tahun, harus dilakukan penambahan SDM, yaitu dokter spesialis anak konsultan neonatus, dokter spesialis anak, serta perawat dengan pengalaman klinis minimal 4 tahun, untuk menangani kasus neonatus BBLR di NICU RSIS. Dokumen rencana kapasitas dengan memasukkan tiga bentuk strategi perencanaan kapasitas, yaitu increase capacity, transfer capacity dan de bottle neck. Kesimpulan penelitian adalah perencanaan kapasitas layanan pasien neonatus BBLR disusun untuk mengurangi kesenjangan pelayanan NICU RSIS, agar dapat menurunkan angka NDR dan mencapai standar penanganan kasus neonatus BBLR dengan berat 1500-2500 gram.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 42/18 Mai a
Uncontrolled Keywords: BBLR, Rencana Kapasitas, Normative need dan supply
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ251-325 Newborn infants Including physiology, care, treatment, diseases
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
TITIK MAIMANAH, NIM.: 101614453057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantThinni Nurul R, Dr., Dra. Ec., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantWidodo J.P., dr., M.S., M.PH., Dr.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Dec 2018 11:00
Last Modified: 10 Dec 2018 11:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76391
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item