REKOMENDASI PENINGKATAN RISK AWARENESS BIDAN DAN IBU HAMIL DALAM DETEKSI DINI PRE EKLAMPSIA (Studi Di Wilayah Puskesmas Bati bati dan Puskesmas Pelaihari Kabupaten Tanah Laut)

WIWIK RAKHMAWATY, NIM.: 101614453063 (2018) REKOMENDASI PENINGKATAN RISK AWARENESS BIDAN DAN IBU HAMIL DALAM DETEKSI DINI PRE EKLAMPSIA (Studi Di Wilayah Puskesmas Bati bati dan Puskesmas Pelaihari Kabupaten Tanah Laut). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 43_18 Rak r ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 43_18 Rak r.pdf
Restricted to Registered users only until 10 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pre eklampsia merupakan suatu komplikasi dari hipertensi pada ibu hamil. Pre eklampsia masih merupakan sebab utama kematian ibu di Indonesia. Oleh karena itu diagnosis dini pre eklampsia dan penanganannya perlu segera dilaksanakan untuk menurunkan angka kematian ibu. Jumlah kematian ibu pada 13 kabupaten di Kalimantan Selatan pada tahun 2016 adalah 92 kematian ibu/100.000 kelahiran hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun rekomendasi upaya peningkatan Risk awareness bidan dan ibu hamil dalam deteksi dini pre eklampsia. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dan rancang bangun penelitian adalah cross sectional study. Lokasi dan waktu penelitian di Puskesmas Bati bati dan Puskesmas Pelaihari Kabupaten Tanah Laut tahun 2018. Populasi pada penelitian ini adalah bidan di Puskesmas Bati bati sebanyak 20 bidan dan bidan di Puskesmas Pelaihari sebanyak 22 bidan. Populasi penelitian juga terdiri dari seluruh sasaran ibu hamil sebanyak 680 ibu hamil di Puskesmas Bati bati dan 774 ibu hamil di Puskesmas Pelaihari. Teknik pengambilan sampel diambil secara total populatian sebesar 42 untuk bidan dan simple random sampling sebesar 91 untuk ibu hamil.Hasil penelitian: Menurut hasil uji statistik frekuensi pelatihan bidan (p=0,003), persepsi bidan (p=0,006) dan pengalaman bidan terkait pekerjaannya (p=0,023) berpengaruh signifikan terhadap Risk awareness bidan dalam deteksi dini pre eklampsia. Hasil uji statistik persepsi ibu hamil berpengaruh signifikan terhadap Risk awareness ibu hamil dalam deteksi dini pre eklampsia (p=0,000). Kesimpulan: Terdapat pengaruh persepsi bidan terhadap pekerjaan, pengalaman bidan dan frekuensi pelatihan bidan terhadap risk awareness bidan dalam deteksi dini pre eklampsia. Selain itu, terdapat pengaruh persepsi ibu hamil dalam mencegah kehamilan risiko tinggi terutama pre eklampsia terhadap risk awareness ibu hamil dalam deteksi dini pre eklampsia di Puskesmas Bati bati dan Puskesmas Pelaihari.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 43/18 Rak r
Uncontrolled Keywords: Frekuensi pelatihan bidan, pengalaman bidan, persepsi bidan, persepsi ibu hamil, risk awareness, pre eklampsia
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
WIWIK RAKHMAWATY, NIM.: 101614453063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantM. Bagus Qomaruddin, Dr., Drs., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Dec 2018 13:08
Last Modified: 10 Dec 2018 13:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76401
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item