ANALISIS PENGARUH MESSAGE CONTENT, MESSAGE EXPOSURE, DAN MOBILE CONSUMER TERHADAP ADVERTISING VALUE OF MOBILE ADVERTISING PADA PELANGGAN KARTU PRABAYAR SIMPATI DI SURABAYA

AGUS RIYADI, 040013207 E (2006) ANALISIS PENGARUH MESSAGE CONTENT, MESSAGE EXPOSURE, DAN MOBILE CONSUMER TERHADAP ADVERTISING VALUE OF MOBILE ADVERTISING PADA PELANGGAN KARTU PRABAYAR SIMPATI DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-riyadiagus-2646-b10806-k.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7641.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem dan peralatan berdasarkan teknologi mobile menjadi sesuatu hal yang lazim pada kehidupan saat ini. Peralatan mobile telah mengubah bagaimana cara berkomunikasi dan berinterkasi serta mempunyai dampak yang kuat pada manajemen modern. Teknologi mobile secara potensial menciptakan pasar baru, mengubah peta persaingan bisnis dan mngubah struktur sosial dan pasar yang ada. Sehingga pemasaran mobile (Mobile marketing) memberikan peluang yang besar bagi pebisnis. Aktivitas pemasaran yang didukung oleh perlatan mobile memberikan perusahaan untuk berkomunikasi secara langsung tanpa adanya batasan waktu dan lokasi. Dengan adanya kecanggihan teknologi saat ini mobile advertising (m-advertising) dapat memberikan konsumen dengan pesan iklan secara individu dengan menggunakan peralatan mobile atau mobile phone. Penelitian ini mencoba memahami hubungan antara message content, message exposure dan mobile consumer terhadap advertising value of mobile advertising pada pelanggan kartu pra bayar Simpati di Surabaya. Penelitian yang dilakukan penulis merupakan replikasi dari dari penelitian yang dilakukan oleh Haghirian, Tanuskova, Madberger (2005). Penulis menggunakan produk kartu pra bayar Simpati sebagai obyek penelitian dengan pelanggan kartu prabayar Simpati di Surabaya yang pernah mendapatkan iklan melalui short message service (SMS) sebagai subyek penelitian. Digunakan produk ini karena Simpati telah melakukan m-advertising dan mempunyai pelanggan terbesar dibandingkan provider lain saat ini. Teknik analisis yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) yang memungkinkan peneliti untuk mengkaji pengaruh setiap indikator dalam membentuk variabel secara mendalam. Dari hasil yang didapat ketiga variabel message content, message exposure dan mobile consumer berpengaruh terhadap advertising value of mobile advertising. Message content secara signifikan mempunyai pengaruh yang paling dominan advertising value of mobile advertising sedangkan message exposure memberikan pengaruh negatif terhadap advertising value of mobile advertising.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.108/06 Riy a
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING-MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
AGUS RIYADI, 040013207 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Dwi Utami S., Dra., Ec., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 18 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 17:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7641
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item