PENERIMAAN KHALAYAK REMAJA TERHADAP YOUTH CULTURE PADA VLOG DALAM AKUN YOUTUBE @AWKARIN

Sarah Lita Kusumadewi, 071311533092 (2018) PENERIMAAN KHALAYAK REMAJA TERHADAP YOUTH CULTURE PADA VLOG DALAM AKUN YOUTUBE @AWKARIN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.77 18 Kus p.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.77 18 Kus p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.77 18 Kus p.pdf

Download (267kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah penerimaan remaja terhadap Youth Culture yang peneliti indikasikan terdapat dalam vlog Awkarin. Penelitian ini diawali oleh ketertarikan peneliti atas fenomena anak muda yang tidak lagi dilihat sebagai sekumpulan individu berusia muda melainkan sebagai sebuah taste maker sehingga memberikan kuasa yang berbeda kepada generasi anak muda saat ini, lebih spesifik lagi melalui tren vlog dan praktik konsumsi sebagai pembentuk identitas anak muda itu sendiri. Sehingga peneliti merasa tertarik untuk mengeksplorasi bagaimana praktik-praktik tersebut dimaknai oleh anak muda lainnya berdasarkan hasil diskusi bersama informan. Maka, penelitian ini akan mengungkap bagaimana budaya anak muda tersebut diterima dan dipersepsi oleh informan dengan latar belakang yang beragam. Tinjauan pustaka dalam penelitian ini antara lain vlog dan budaya visual, youtube sebagai bagian dari media sosial, identitas digital, anak muda dan gaya hidup, serta riset khalayak aktif. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian eksploratif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis resepsi dengan teknik pengumpulan data melalui diskusi terarah atau forum group discussion dan wawancara dengan Awkarin sebagai data sekunder. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa identitas anak muda dimaknai berbeda antara informan satu dengan lainnya. Hal tersebut didasari pada sifat masing-masing individu dan identitas sosial yang dibawa oleh masing-masing informan. Namun sebagian besar informan sepakat bahwa video blog yang diunggah Awkarin baik pada periode Before Oka dan After Oka sarat mengandung praktik-praktik konsumsi yang ditunjukkan oleh anak muda perkotaan. Informan yang menanggapi hal tersebut berada pada posisi dominanthegemonic. Mengenai fluiditas gender yang ditampilkan melalui vlog-vlog Awkarin, informan pun memiliki interpretasi yang beragam. Pada fase before Oka, informan mengakui bahwa Awkarin cenderung menunjukkan diri sebagai perempuan dengan sifat feminin yang cukup besar. Namun di saat yang bersamaan, sebagian informan menyadari adanya indikasi sifat maskulin yang ditunjukkan Awkarin maka informan tersebut berada pada posisi negotiated karena melakukan penyesuaian terhadap makna. Kemudian, Informan yang tidak melihat Awkarin membawa unsur sensualitas dalam vlognya berada pada posisi oppositional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.77/18 Kus p
Uncontrolled Keywords: Youth Culture, Youtube, Digital Identity, Reception Analysis, Praktik Konsumsi, Gender Identity
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Sarah Lita Kusumadewi, 071311533092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Aryani Suwito, S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Dec 2018 14:16
Last Modified: 10 Dec 2018 14:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76411
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item