REPRESENTASI PEOPLE OF COLOR DALAM FILM ANIMASI MOANA

TALIN VANIA SALIM, 071411531052 (2018) REPRESENTASI PEOPLE OF COLOR DALAM FILM ANIMASI MOANA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.80 18 Sal r.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.80 18 Sal r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.80 18 Sal r.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini akan berfokus pada representasi people of color dalam film animasi Moana. Sejarah Disney dalam merepresentasikan people of color tdak bisa dikatakan baik. Namun melalui film animasi Moana, Disney berhasil mendapatkan sambutan yang baik. Dalam film animasi Moana, setiap karakternya ditampilkan memiliki kulit yang gelap. Hal ini kemudian menjadi salh satu alasan mengapa karakter-karakter yang hadir dalam film animasi Moana dapat diidentifikasi sebagai people of color. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis teks milik Tony Thwaites yang memiliki beberapa tahap, yakni tanda, makan kontasi dan denotasi serta mitos. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Tinjauan pustaka yang digunakan sebagai referensi dalam penelitian ini adalah People of color sebagai Identitas, Identitas dalam Paradigma Modern, Film Animasi sebagai Medium Penciptaan Identitas, Disney, Media, dan People of color dan Analisis Tekstual.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa people of color menjunjung tinggi nilai kolektivitas dalam kehidupannya. People of color juga menjadikan tradisi sebagai misi dalam kehidupannya. Selain itu people of color direpresentasikan sebagai masyarakat yang masih jauh dari peradaban. Hal ini ditunjukan dengan people of color yang tidak berinteraksi dengan masyarakat lain dan masih menyelesaikan pekerjaan dengan alat dan cara yang tradisional, serta people of color juga diperlihatkan masih melakukan pembagian peran sosial berdasarkan gender. Lebih lanjut lagi, people of color di representasikan memiliki kehidupan yang identik dengan Indigenous People.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.80/18 Sal r
Uncontrolled Keywords: people of color, indigenous people, identitas, representasi, film animasi moana, tradisional, analisis tekstual.
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
TALIN VANIA SALIM, 071411531052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Dec 2018 14:29
Last Modified: 10 Dec 2018 14:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76416
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item