UPAYA PERBAIKAN TERHADAP TINGGINYA INSIDEN MEDICATION ERROR TAHAP DISPENSING DENGAN INTERVENSI PROBLEM SOLVING CYCLE (Studi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Jiwa Menur)

RIFATUL HASNA, NIM.: 101614453037 (2018) UPAYA PERBAIKAN TERHADAP TINGGINYA INSIDEN MEDICATION ERROR TAHAP DISPENSING DENGAN INTERVENSI PROBLEM SOLVING CYCLE (Studi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Jiwa Menur). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 45_18 Has u ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 45_18 Has u.pdf
Restricted to Registered users only until 10 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berdasarkan tingginya jumlah insiden kesalahan pemberian obat pada tahap dispensing di Instalasi Farmasi RS Jiwa Menur pada Tahun 2016-2017 dengan tujuan menurunkan insiden kesalahan pemberian obat tahap dispensing di IFRS Jiwa Menur dengan menggunakan PSC. Tahap PSC yang dipakai adalah analisis masalah, desain strategi, pengembangan strategi, implementasi-monitoring-evaluasi, dan follow up and feedback. Tahap analisis masalah melakukan identifikasi dan analisis penyebab insiden kesalahan pemberian obat tahap dispensing. Desain strategi melakukan penentuan alternatif dan prioritas solusi. Tahap ketiga adalah pengembangan strategi yaitu membuat rencana implementasi solusi. Tahap berikutnya adalah implementasi-monitoring-evaluasi, dan langkah terakhir adalah follow up and feedback dengan menilai hasil solusi apakah bisa dilaksanakan dan menyelesaikan akar masalah penyebab. Hasil yang didapatkan adalah program yang telah direncanakan bisa dilaksanakan, tercapaianya 4 dari 6 tujuan jangka pendek yaitu peningkatan kompetensi Kepala dan Koordinator Pelayanan Dispensing IFRS Jiwa Menur, SOTK serta deskripsi pekerjaan fokus tahap dispensing terulas dan tersosialisasi, dan terulasnya SPO pelayanan dispensing. PSC pada penelitian ini mampu menyelesaikan 14 akar masalah dari 16 akar masalah yang didapatkan. Rekomendasi upaya perbaikan terhadap penyebab tingginya insiden kesalahan pemberian obat tahap dispensing adalah analisis insiden bisa menggunakan metode yang lain yaitu analisis penghalang atau analisis perubahan, pelaksanaan FGD harus didukung data dan hasil FGD sebaiknya dilakukan telaah. Rekomendasi pada kesalahan pemberian obat adalah melanjutkan siklus I PSC ini dengan melaksanakan pengawasan pelayanan dispensing dan melaksanakan PSC siklus II untuk menyelesaikan masalah yang lain atau masalah yang timbul akibat implementasi program.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 45/18 Has u
Uncontrolled Keywords: medication error tahap dispensing, problem solving cycle
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS200-201 Pharmaceutical dosage forms
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
RIFATUL HASNA, NIM.: 101614453037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantThinni Nurul R, Dr., Dra. Ec., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantWidodo J.P., dr., M.S., M.PH., Dr.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Dec 2018 15:11
Last Modified: 10 Dec 2018 15:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76426
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item