PENGARUH LINGKUNGAN DALAM TOKO (IN-STORE ENVIRONMENT) TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN DI GIANT SUPERMARKET WIYUNG SURABAYA

HARYO TEDJO WISUDHANTO, 049816013 (2006) PENGARUH LINGKUNGAN DALAM TOKO (IN-STORE ENVIRONMENT) TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN DI GIANT SUPERMARKET WIYUNG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-wisudhanto-2652-b10406-k.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7643.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian dengan judul "Pengaruh Lingkungan Dalam Toko (Store Environment) Terhadap Niat Pembelian Ulang konsumen di Giant Supermarket Wiyung Surabaya". Ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor lingkungan dalam toko yang terdiri dari ambient factors, social factors, dan design factors terhadap niat pembelian ulang konsumen di Giant Supermarket Wiyung Surabaya. Penelitian ini menggunakan 100 sampel, yaitu konsumen di Giant Supermarket Wiyung Surabaya yang melakukan pembelian dan telah berusia lebih dari 25 tahun. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji t untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel tergantung dan uji F untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel tergantung. Untuk uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifikan baik secara individu maupun secara bersama-sama dari ketiga variabel bebas terhadap variabel tergantung. Dari hasil perhitungan statistik secara total, diperoleh formula Y = -0,792 + 0,404 Xl + 0,355 X2 + 0,447 X3. Nilai uji t untuk variabel ambient factors, social factors, dan design factors, secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian ulang konsumen di Giant Supermarket Wiyung Surabaya, dengan tingkat signifikansinya lebih kecil dari 5 %. Untuk nilai uji F menunjukan nilai 55,661 yang jauh lebih besar dari nilai F tabel, berarti 3 variabel bebas ini secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian ulang konsumen di Giant Supermarket Wiyung Surabaya. Koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan oleh model regresi ini sebesar 0,635 atau dapat diartikan sumbangan pengaruh ketiga variabel bebas terhadap variabel dependen sebesar 63,5%, sedangkan 36,5% dijelaskan oleh faktor lain diluar model regresi. Untuk uji asumsi multikolinieritas dan heteroskedastisitas, model regresi yang digunakan bebas dari asumsi klasik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB-KK-2 B 104/06 Wis p
Uncontrolled Keywords: DEPARTEMENT STORES; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HF Commerce > HF5428-5429.6 Retail trade
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HARYO TEDJO WISUDHANTO, 049816013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHj. Dwi Utami S., Dra., Ec., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 18 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 17:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7643
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item