PENERAPAN ANALYSIS VALUE CHAIN DALAM UPAYA PENINGKATAN COMPETITIVE ADVANTAGE PADA PERUSAHAAN PROPERTY Case Study Group Puncak Apartement)

ANA REFIANTI, 041424253047 (2018) PENERAPAN ANALYSIS VALUE CHAIN DALAM UPAYA PENINGKATAN COMPETITIVE ADVANTAGE PADA PERUSAHAAN PROPERTY Case Study Group Puncak Apartement). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 10 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi rantai nilai Pengembang Apartemen, sehingga menghasilkan suatu solusi untuk lebih meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan dalam industri properti. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis rantai nilai Pengembang Apartemen, maka digunakan pendekatan analisis rantai nilai Porter. Setelah mengidentifikasi rantai nilai yang terdapat dalam perusahaan, maka dilakukan evaluasi dengan menggunakan empat faktor yang membentuk building blocks of competitive advantages. Langkah selanjutnya adalah memberikan solusi perbaikan pada aktivitas rantai nilai perusahaan untuk lebih meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembang Apartemen telah memiliki keunggulan bersaing dalam industri properti, karena dalam setiap aktivitas rantai nilainya, perusahaan ini telah memiliki empat faktor yang membentuk building block of competitive advantages, yaitu efficiency, innovation, quality, dan customer responsiveness. Misalnya dalam aktivitas operasinya perusahaan telah melakukan efisiensi dengan menggunakan pemilihan supplier yang paling murah dari beberapa supplier. Mengutip teori survival of the fittest oleh Charles Darwin yaitu “makhluk hidup yang mampu bertahan bukanlah yang terkuat, melainkan yang paling cerdik dan adaptif”. Teori tersebut dirasa relevan untuk menggambarkan posisi Pengembang Apartemen saat ini, walaupun perusahaan ini sudah memiliki keunggulan bersaing, perusahaan harus selalu mengevaluasi setiap rantai nilainya untuk meningkatkan produktifitas, semakin efisien, dan peningkatan kualitas sehingga memiliki pertumbuhan berkelanjutan (sustainable growth).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TEA 44/18 Ref p
Uncontrolled Keywords: Analysis Value Chain, Competitive Advantage
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ANA REFIANTI, 041424253047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTjiptohadi Sawarjuwono, Prof. , S.E., M.Ec., Ph.D., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2018 16:57
Last Modified: 10 Dec 2018 16:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76436
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item