PENGARUH FAMILY OWNERSHIP DAN FAMILY CONTROL TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT : Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

BOVY NIOVANY, 041611323040 (2018) PENGARUH FAMILY OWNERSHIP DAN FAMILY CONTROL TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT : Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A 411-18 Nio p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh family ownership dan family control terhadap earnings management. Pada penelitian ini family ownership di proksikan dengan kepemilikan saham oleh pendiri dengan minimal kepemilikan 5%, dan family control di proksikan dengan adanya minimal 2 anggota keluarga pendiri di posisi kunci perusahaan, sedangkan earnings management di proksikan dengan discretionary accruals. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksplanatori dan teknik analisis yang digunakan yaitu uji regresi linier berganda. Populasi yang digunakan sebagai objek penelitian yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggunakan laporan keuangan untuk periode 2014 sampai dengan 2016. Penentuan sampel dengan menggunakan pertimbangan dan batasan-batasan tertentu atau biasa disebut dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 68 data perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa family ownership berpengaruh negatif dan signifikan terhadap earnings management yang berarti perusahaan yang dimiliki keluarga cenderung lebih bisa memonitoring perusahaan secara insentif sehingga dapat dijadikan upaya dalam memitigasi terjadinya manajemen laba pada perusahaan, serta family control berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap earnings management yang berarti adanya anggota keluarga pendiri pada posisi kunci perusahaan tidak berpengaruh terhadap terjadinya manajemen laba sehingga tidak dapat dijadikan upaya dalam memitigasi terjadinya manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.411/18 Nio p
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan keluarga, kontrol keluarga, manajemen laba
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
BOVY NIOVANY, 041611323040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSedianingsih, Dr. , S.E., M.Si., Ak., CMA,UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 11 Dec 2018 09:32
Last Modified: 11 Dec 2018 09:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76459
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item