PENYUSUNAN REKOMENDASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION UNTUK MENINGKATKAN PEMANFAATAN LAYANAN OPERASI LASIK (Studi di UPT Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur)

ELLY RATNANINGSIH, NIM.: 101614453035 (2018) PENYUSUNAN REKOMENDASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION UNTUK MENINGKATKAN PEMANFAATAN LAYANAN OPERASI LASIK (Studi di UPT Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 46_18 Rat p ABSTRAK.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 46_18 Rat p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

UPT Rumah Sakit Mata Masyarakat (RSMM) didirikan untuk menanggulangi gangguan kebutaan dan penglihatan. Laser Assited In Situ Keratomilieusis (LASIK) merupakan salah satu metode mengatasi gangguan penglihatan kelainan refraksi. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun rekomendasi Integrated Marketing Communication (IMC) dalam meningkatkan pemanfaatan operasi LASIK di UPT RSMM Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan rancang bangun crosssectional. Sampel pasien terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok sampel potensial dan kelompok pasien aktual. Besar sampel yang diambil adalah 32 responden kelompok pasien aktual dan 40 responden kelompok pasien potensial. Teknik pengambilan sampel menggunakan Judgement sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UPT RSMM Jawa Timur sudah melakukan komunikasi pemasaran. Target audiens berdasarkan hasil penelitian adalah individu yang mengalami kelainan refraksi dan berusia 18-40 tahun, golongan ekonomi menengah keatas, motivasi melakukan LASIK adalah kesehatan dan sebagai persyaratan pendaftaran pendidikan dan memilih operasi LASIK di RSMM karena tarif yang lebih murah dan fasilitas yang lengkap. Respon responden terhadap komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh UPT RSMM Jawa Timur berada pada tahap attention sedangkan dengan nilai Customer Response Indeks (CRI) cukup rendah. Desain pesan komunikasi pemasaran yang disukai responden mencakup isi pesan yaitu manfaat LASIK, persyaratan pasien yang bisa melakukan LASIK, sarana dan prasarana LASIK dan jam buka layanan sedangkan format pesan yang disukai adalah tulisan yang jelas dengan warna menonjol disertai gambar yang menarik. Sumber informasi dalam menyampaikan pesan yang disukai responden adalah dokter dan petugas layanan informasi. Penelitian ini merekomendasikan strategi IMC pada UPT RSMM Jawa Timur untuk meningkatkan pemanfaatan layanan operasi LASIK dengan cara menetapkan target audiens, meningkatkan tingkat kesiapan pembelian dari tingkat attention ke tingkat action melalui media komunikasi pemasaran yang digunakan adalah adalah website, instagram, televisi, leaflet,facebook, baleho, radio, surat kabar dan bauran komunikasi pemasaran yang digunakan adalah interactive marketing, sales promotion, publicity, advertising dan personal selling.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 46/18 Rat p
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Integrated Marketing Communication, LASIK
Subjects: R Medicine > RE Ophthalmology
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
ELLY RATNANINGSIH, NIM.: 101614453035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantS. Supriyanto, Prof. Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
ConsultantSri Widati, Dr. S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 11 Dec 2018 13:17
Last Modified: 11 Dec 2018 13:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76492
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item