ANALISIS WAKTU PELAYANAN RESEP RAWAT JALAN DENGAN TIME AND MOTION STUDY DAN LEAN MANAGEMENT (STUDI DI INSTALASI FARMASI RS MUHAMMADIYAH LAMONGAN)

NURYATI, NIM.: 101614453022 (2018) ANALISIS WAKTU PELAYANAN RESEP RAWAT JALAN DENGAN TIME AND MOTION STUDY DAN LEAN MANAGEMENT (STUDI DI INSTALASI FARMASI RS MUHAMMADIYAH LAMONGAN). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 47_18 Nur a ABSTRAK.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 47_18 Nur a.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rata-rata waktu tunggu pelayanan resep rawat jalan di Instalasi Farmasi RS Muhammadiyah Lamongan periode 2015, 2016 dan Januari-Juli 2017 melebihi standar pelayanan minimal, 44 menit untuk obat jadi dan 66 menit untuk racikan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rekomendasi sistem pelayanan resep pasien rawat jalan RS Muhammadiyah Lamongan yang dapat mengurangi waktu pelayanan dengan time and motion study dan lean management. Penelitian ini merupakan studi observasional dengan rancang bangun cross sectional. Data diambil melalui observasi terhadap resep yang melalui semua tahapan pelayanan resep pasien rawat jalan. Analisis data dengan telaah resep dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian adalah pola peresepan dokter yang bermasalah adalah polifarmasi, kelengkapan dan kejelasan resep, alur pelayanan resep pasien rawat jalan sudah sesuai dengan Permenkes No 72 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pelayanan Kefarmasian, adanya delay pada pelayanan resep dan waktu pelayanan resep pasien rawat jalan belum memenuhi standard pelayanan minimal. Waste yang teridentifikasi pada pelayanan resep racikan maupun obat jadi adalah polifarmasi, kesalahan peresepan, delay yaitu lamanya resep menunggu proses pelayanan berikutnya, resep dengan waktu kritis, kesalahan pelayanan resep dan kegiatan tidak langsung dengan kategori waste yaitu defect, delay, motion, inventory dan extra processing. Waste kritis adalah waste dengan kategori delay dan defect. Isu strategis pada pelayanan resep racikan dan obat jadi adalah waste kritis yang harus dikendalikan dengan rata-rata waktu terbesar yaitu total waktu resep menunggu proses berikutnya dan waste kritis yang bisa dihilangkan dengan persentase resep diatas rata-rata adalah resep dengan waktu kritis, resep tidak lengkap dan resep tidak jelas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 47/18 Nur a
Uncontrolled Keywords: waktu tunggu, pelayanan resep, rawat jalan, time and motion study,
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
NURYATI, NIM.: 101614453022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantDjazuly Chalidyanto, Dr., S.KM., MARSUNSPECIFIED
ConsultantM. Bagus Qomaruddin, Dr., Drs., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 11 Dec 2018 13:40
Last Modified: 11 Dec 2018 13:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76502
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item