PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARETERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK USIA SEKOLAH DALAM KONSUMSI SAYUR

SRI PUASTININGSIH, 131311133041 (2018) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARETERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK USIA SEKOLAH DALAM KONSUMSI SAYUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKP.N.203-18 Pua p ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK FKP.N.203-18 Pua p SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelompok anak usia sekolah perlu mendapatkan pemenuhan kecukupan zat gizi utamanya dengan konsumsi sayur. Kenyataannya anak masih sulit untuk mengkonsumsi sayur dalam jumlah yang memadai. Metode think pair share membuat anak akan berusaha berpikir, saling merespon dan membantu dalam berdiskusi.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan pendidikan kesehatan dengan model pembelajaran think pair share terhadap pengetahuan dan sikap anak usia sekolah dalam konsumsi sayur. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental (onegroup pra-post test design). Populasi dalam penelitia ini adalah siswa kelas IV di SDI KHM Noer Surabaya. Pengambilan sampel dengan tehnik total sampling. Responden dalam penelitian ini sejumlah 40 responden. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pendidikan kesehatan dengan model pembelajaran think pair share. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengetahuan dan sikap. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisa menggunakan uji statistik Wilcoxon Sign Rank Test untuk pengetahuan dan sikap dengan signifikansi α≤0,05. Hasil uji statistik Wilcoxon Sign Rank Test menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dengan model pembelajaran think pair sharedapat mempengaruhi pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,000) anak. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan kesehatan dengan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap anak dalam konsumsi sayur. Penelitian selanjutnyadiharapkan dilakukan penelitian tentang tindakan konsumsi sayur pada anak dengan pendekatan uji statistik multivariat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.203/18 Pua p
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Knowledge, Attitude, Elementary school-aged children, Vegetable consumption.
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
SRI PUASTININGSIH, 131311133041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFerry Efendi, S.Kep.Ns., M.Sc., PhDUNSPECIFIED
ContributorPraba Diyan Rachmawati, S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Dec 2018 16:03
Last Modified: 12 Dec 2018 16:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76651
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item