HUBUNGAN JENIS BAKTERI PENYEBAB INFEKSI DENGAN DERAJAT KEPARAHAN SEPSIS DI RUANG RAWAT INAP SMF ILMU PENYAKIT DALAM RSUD DR. SOETOMO SURABAYA TAHUN 2016

Ilma Dzurriyyatan Toyyibah, 011511133158 (2018) HUBUNGAN JENIS BAKTERI PENYEBAB INFEKSI DENGAN DERAJAT KEPARAHAN SEPSIS DI RUANG RAWAT INAP SMF ILMU PENYAKIT DALAM RSUD DR. SOETOMO SURABAYA TAHUN 2016. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FK PD 51 18 Toy h.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Beberapa studi epidemiologi masih menunjukkan angka kejadian sepsis yang tinggi. Center for Disease Control and Prevention(CDC) mencatat, selama 15 tahun sejak tahun 1999, angka kematian akibat sepsis mencapai 22%. Bakteri menjadi salah satu mikroorganisme tersering yang menyebabkan sepsis. Ketika masuk tubuh, bakteri menimbulkan suatu respon inflamasi. Dengan adanya perbedaan faktor virulensi dari kedua bakteri, peneliti tertarik untuk meneliti hubungan bakteri penyebab infeksi dengan derajat keparahan sepsis di Instalasi Ruang Rawat Inap SMF Ilmu Penyakit Dalam RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Peneliti mengambil pasien terdiagnosis sepsis yang di rawat di Instalasi Rawat Inap SMF Ilmu Penyakit Dalam RSUD Dr. Soetomo Surabaya yang dirawat pada 1 Januari – 31 Desember 2016. Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data rekam medik. Kriteria Inklusi meliputi pasien terdiagnosis sepsis, kultur darah positif bakteri, dan dirawat di instalasi rawat inap SMF Ilmu Penyakit Dalam RSUD Dr. Soetomo Surabaya antara 1 Januari – 31 Desember 2016. Kriteria Inklusi adalah data rekam medik tidak lengkap. Data diambil secara simple random sampling dari daftar pasien terdiagnosis sepsis dengan sample per minggu berjumlah 10 sampel. Data yang diambil meliputi data karakter pasien, data klinis, data hematologi dan hasil pemeriksaan penunjang lainnya. Data penelitian berjumlah 179 diolah secara statistika. Data karakteristik pasien berupa; usia, data klinis, data hematologi dan hasil lab penunjang lainnya terdistribusi tidak normal. Data bakteri penyebab infeksi diklasifikasikan berdasarkan jenisnya serta untuk mengetahui hubungan dengan derajat keparahan dilakukan uji statistik dengan menggunakan chi square. Didapatkan bahwa presentase pasien sepsis laki-laki 51.4% dan perempuan 48.7%. Pasien tersebut jumlah terbanyak adalah pasien dengan rentang usia antara 51-60 tahun. Length of stay pasien sepsis, yaitu 13.99 + 11.83 hari. Sedang angka mortalitas mencapai 35.2% dengan penyakit komorbid terbanyak diabetes mellitus. Jenis bakteri penyebab infeksi pada pasien sepsis sebanyak 103 bakteri gram positif dan 76 bakteri gram negatif. Didapatkan adanya hubungan antara jenis bakteri penyebab infeksi dengan derajat keparahan sepsis. Derajat keparahan septic shock lebih banyak terjadi pada infeksi gram negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKA FK. PD. 51/18 Toy h
Uncontrolled Keywords: Sepsis, severe sepsis, septic shock, gram positive bacteria, gram negative bacteria
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ilma Dzurriyyatan Toyyibah, 011511133158UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDMusofa Rusli, dr., Sp.PDUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email dewi@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2018 09:53
Last Modified: 13 Dec 2018 11:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76665
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item