DESKRIPSI TANGGAPAN PEMIRSA ATAS IKLAN KOSMETIK PONDS WHITE BEAUTY MOISTURIZER DI TELEVISI DI SURABAYA

ANYLES AMBARSARI SUSILO, 049711432 E (2006) DESKRIPSI TANGGAPAN PEMIRSA ATAS IKLAN KOSMETIK PONDS WHITE BEAUTY MOISTURIZER DI TELEVISI DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-susiloanyl-2867-b16506-k.pdf

Download (328kB)
[img] Text (FULL TEXT)
7667.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Unilever Indonesia Tbk sebagai salah satu perusahaan yang senantiasa melaksanakan program periklanan bagi berbagai produknya menyadari bahwa televisi mempunyai peran penting di masyarakat sehingga PT. Unilever Indonesia menggunakan media tersebut sebagai penyampai iklannya kepada audiens. Salah satu produknya yang diiklankan melalui media televisi adalah kosmetika pelembab wajah Ponds White Beauty Moisturizer Nutrisi Mutiara. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diadakan penelitian terhadap tanggapan pemirsa atas iklan kosmetika pelembab wajah Ponds White Beauty Moistirizer Nutrisi Mutiara khususnya iklan Ponds versi "Kilau Mutiara Di Cantikmu" di televisi dengan mengetahui besarnya tingkat tanggapan sikap pemirsa. Lavidge dan Steiner (1961 dalam Kotler, 1997:211) menghubungkan sikap pemirsa tersebut ke dalam enam tingkat tanggapan (model hirarki efek) yaitu tanggapan awareness (kesadaran), knowledge (pengetahuan), liking (kesukaan atau perasaan suka), preference (preferensi), conviction (keyakinan), dan purchase intention (niat pembelian). Untuk itu rumusan masalah yang dikemukakan adalah sebagai berikut : " Bagaimanakah deskripsi tanggapan pemirsa atas iklan kosmetik Ponds White Beauty Moisturizer di televisi di Surabaya" Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah enam tingkat tanggapan dalam model hirarki efek, yang telah disebutkan sebelumnya. Responden penelitian ini adalah pemirsa iklan wanita, karena produk yang diiklankan adalah kosmetika pelembab wajah untuk wanita. Sampel ditentukan dengan metode nonprobability melalui teknik purposif Kesimpulan dari penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut : 1. Iklan kosmetik Ponds white Beauty Moisturizer telah membawa pemirsa memberikan tanggapan hingga ke tingkat purchasing intention (niat untuk membeli), dengan jumlah yang semakin menurun seiring dengan meningkatnya hirarki tanggapan pada model hirarki efek dalam keadaan normal. 2. Adanya pemirsa yang kurang memahami maksud dari pesan iklan sehingga diharapkan perusahaan membuat iklan yang mampu memberikan petunjuk apa maksud iklan tersebut agar pemirsa memberikan tanggapan sesuai yang diharapkan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 165/06 Sus d
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; TELEVISION ADVERTISING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ANYLES AMBARSARI SUSILO, 049711432 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Dwi Utami S., Dra., Ec., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 16 Nov 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 18:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7667
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item