UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN MELALUI ANALISIS BRANDING RUMAH SAKIT MITRA KELUARGA KENJERAN

ANASTASIA WAHYUNI JEFUNA, NIM 101414453070 (2018) UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN MELALUI ANALISIS BRANDING RUMAH SAKIT MITRA KELUARGA KENJERAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 59_18 Jef u ABSTRAK.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 59_18 Jef u.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di era globalisasi saat ini rumah sakit sebagai salah satu dari industri jasa dituntut memberikan suatu layanan jasa yang optimal dan berkulitas atas kinerjanya dalam melayani konsumen. Rumah sakit akan semakin maju jika kinerjanya dapat dipertahankan. Oleh karena itu pelayanan rumah sakit harus berubah mengarah pada kekuatan pasar sehingga orientasi rumah sakit bergeser dari organisasi sosial ke arah sosioekonomi, dengan demikian mempertahankan pelanggan adalah tujuan utama yang harus dicapai. Salah satu cara untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan membentuk branding yang baik untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu merek sehingga dapat mempengaruhi pendapatan sebuah instansi. Oleh karena itu melakukan analisa persepsi masyarakat terhadap branding dan proses branding Life, Love, Laughter, dan GREAT di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kenjeran dan juga menganalisis internalisasi branding tersebut di kalangan karyawan merupakan tujuan umum dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancang bangun crossectional yang ditujukan untuk 100 masyarakat yang tinggal di sekitar Rumah Sakit Mitra Keluarga Kenjeran sebagai responden, serta 50 karyawan (manajer,asisten manajer, kepala ruangan, penanggunjawab shift) di RS Mitra Keluarga Kenjeran. Variabel penelitian terdiri dari proses branding yang terdiri dari sub variabel brand salience, brand performance, brand imagery, brand judgement, brand feelings, brand resonance, dan variabel branding yang terdiri dari sub variabel brand awareness, brand association, brand loyalty, perceived quality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap proses branding di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kenjeran memiliki kategori yang sama yaitu tinggi, namum dalam jumlah besaran persentase yang berbeda. Brand salience dengan mean 1,96 – 2,76, brand performance tergolong kategori tinggi dengan mean 2,79, brand imagery dengan mean 2,33 – 2,76, brand judgement tergolong tinggi dengan nilai 63,67%, brand feelings tergolong kategori tinggi dengan mean 2,67 - 3 dan brand resonance juga tergolong kategori rendah dengan mean 2,33. Sedangkan hasil persepsi masyarakat terhadap branding di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kenjeran juga memiliki kategori yang sama yaitu rendah, namum dalam jumlah besaran persentase yang berbeda. Brand association berkategori tinggi dengan mean 2,67, brand loyalty tergolong kategori rendah dengan mean 1,89 – 2,52 dan perceived quality tergolong kategori tinggi yaitu dengan mean 2,67 – 3. Internalisasi branding termasuk kategori tinggi. Oleh karena itu saran yang dapat diberikan untuk Rumah Sakit Mitra Keluarga Kenjeran antara lain adalah memberikan perhatian lebih untuk mengetahui kebutuhan dan harapan masyarakat sekitar,menciptakan inovasi baru, meninngkatkan kinerja dan mutu layanan di rumah sakit, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pelayanan Rumah Sakit Mitra Keluarga Kenjeran, serta membuat program positif bagi masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 59/18 Jef u
Uncontrolled Keywords: Branding
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Creators:
CreatorsNIM
ANASTASIA WAHYUNI JEFUNA, NIM 101414453070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSetya Haksama, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantWidodo J.P., dr., M.S., M.PH., Dr.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 13 Dec 2018 13:57
Last Modified: 13 Dec 2018 13:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76711
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item