DINAMIKA HARAPAN IBU TERHADAP MASA DEPAN ANAK YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN PERKEMBANGAN BICARA DAN BAHASA

HAERANI NUR, 111417127302 (2018) DINAMIKA HARAPAN IBU TERHADAP MASA DEPAN ANAK YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN PERKEMBANGAN BICARA DAN BAHASA. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Dis. Psi. 06-18 Nur d Abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Dis. Psi. 06-18 Nur d.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2021.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Harapan merupakan atribut yang sangat penting bagi orang tua untuk membangun pandangan positif terhadap anak yang mengalami gangguan perkembangan. Hanya saja penelusuran konsep harapan dalam konteks anak berkebutuhan khusus masih memberikan catatan yang perlu ditindaklanjuti. Terdapat kebutuhan penjelasan teoretik tentang dinamika harapan orang tua terhadap masa depan anak untuk dapat melengkapi kekurangan penjelasan dari hasil penelitian yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk membangun teori substantif yang dapat memberikan penjelasan tentang dinamika harapan ibu dari yang mengalami keterlambatan perkembangan bicara-bahasa karena gangguan perkembangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan strategi grounded theory. Sepuluh orang partisipan yang memenuhi kriteria inklusi dilibatkan untuk membangun teori substantif tersebut. Peneliti menggunakan metode wawancara untuk mengumpulkan data, dan menganalisis data menggunakan teknik analisis komparatif konstan. Penelitian ini menemukan bahwa dinamika harapan ibu terhadap masa depan anak berlangsung dalam lima fase yang berkesinambungan, yaitu: fase shock, harapan tidak realistis, terpuruk, instrospeksi, dan harapan realistis. Terdapat sejumlah faktor yang berperan dalam dinamika harapan ibu, yaitu: faktor yang mempengaruhi harapan (faktor pembentuk dan penghambat harapan), dukungan sosial, proses introspeksi dan penerimaan. Hasil penelitian ini berimplikasi secara teoretis dengan diperolehnya uraian teori substantif yang melengkapi sekaligus memperbarui teori-teori harapan yang sudah dirumuskan oleh para ahli terdahulu. Hasil penelitian ini juga dapat diimplementasikan untuk membantu ibu dengan anak yang mengalami gan gguan perkembangan dengan mengoptimalkan faktor-faktor yang berperan dalam dinamika harapan, agar ibu dapat membangun harapan yang sesuai dengan keadaan anak.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. Psi. 06-18 Nur d
Uncontrolled Keywords: dinamika harapan ibu, masa depan anak, anak terlambat bicara-bahasa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ767.8-792.2 Children. Child development
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
HAERANI NUR, 111417127302UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. M. W. Tairas, Prof. Dr., MA.UNSPECIFIED
Thesis advisorWiwin Hendriani, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Dec 2018 11:04
Last Modified: 14 Dec 2018 11:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76767
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item