HUBUNGAN POLA KONSUMSI DAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA DENGAN STATUS GIZI SISWA SEKOLAH DASAR KELUARGA PETANI DI DESA JOMBATAN, KECAMATAN KESAMBEN, KABUPATEN JOMBANG

NUR FATIMAH, 101411231024 (2018) HUBUNGAN POLA KONSUMSI DAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA DENGAN STATUS GIZI SISWA SEKOLAH DASAR KELUARGA PETANI DI DESA JOMBATAN, KECAMATAN KESAMBEN, KABUPATEN JOMBANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.GZ 26 - 18 Fat h-Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.GZ 26 - 18 Fat h.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keluarga petani padi menjadi salah satu keluarga yang mudah mengalami kerawanan pangan. Kerawanan pangan pada keluarga petani dapat mempengaruhi status gizi anggota keluarga, termasuk status gizi anak usia sekolah dasar dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola konsumsi dan ketahanan pangan dengan status gizi siswa sekolah dasar dari keluarga petani serta hubungan antara pola konsumsi dengan ketahanan pangan keluarga petani. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Besar sampel sebanyak 60 siswa sekolah dasar kelas 1 hingga kelas 6 di SDN Jombatan 1, 2, dan 3. Untuk mengumpulkan data, digunakan pengukuran tinggi badan dan berat badan siswa, kuesioner profil responden, 2x24 jam food recall, formulir IDDS, dan formulir US-HFSSM. Analisis data menggunakan uji Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sekolah dasar dari keluarga petani keragaman konsumsi pangannya dan asupan zat gizi makronya masih kurang. Sebagian besar keluarga petani juga termasuk rawan pangan. Hasil uji statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan antara jenis petani padi, kepemilikan lahan, pendapatan orang tua, keragaman konsumsi pangan, tingkat konsumsi energi dan protein, serta ketahanan pangan keluarga dengan status gizi siswa sekolah dasar. Keragaman konsumsi pangan dan tingkat konsumsi protein juga tidak berhubungan dengan ketahanan pangan keluarga. Namun, tingkat konsumsi energi berhubungan dengan ketahanan pangan keluarga (p=0,039). Kesimpulan dari penelitian ini, pola konsumsi dan ketahanan pangan keluarga tidak berhubungan dengan status gizi siswa sekolah dasar dari keluarga petani. Hanya tingkat konsumsi energi yang berhubungan dengan ketahanan pangan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM GZ 26/ 18 Fat h
Uncontrolled Keywords: consumption patterns, food security, nutritional status, farmers, elementary school students
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Program Studi Gizi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NUR FATIMAH, 101411231024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTriska Susila Nindya, S.KM., M.PH (Nutr)UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 14 Dec 2018 11:42
Last Modified: 14 Dec 2018 11:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76772
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item