PENGGUNAAN BAHASA DI SD MUHAMADIYAH KREATIF KERAKSAAN DAN SDN JETAK BROMO DAERAH PANDALUNGAN PROBOLINGGO KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

DICKY RIZALDY, 121411131013 (2018) PENGGUNAAN BAHASA DI SD MUHAMADIYAH KREATIF KERAKSAAN DAN SDN JETAK BROMO DAERAH PANDALUNGAN PROBOLINGGO KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 111 18 Riz p ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 111 18 Riz p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pengunaan bahasa Di SD Muhammadiyah Kreatif Keraksaan dan SDN Jetak Bromo Daerah Pandalungan Probolinggo dan mendiskripsikan faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi variasi bahasa dalam situasi formal SD di Daerah Pandalungan Probolinggo. Kajian ini menelaah variasi bahasa yang ada di SD Muhammdiyah Kreatif Keraksaan dan SDN Jetak Bromo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fishman. Penelitian ini mendiskripsikan pengunaan bahasa dalam situasi formal SD di Daerah Pandalungan Probolinggo di tinjau dari segi percakapan sehari-hari antara guru dengan guru, siswa dengan siswa, guru dengan siswa, dan siswa dengan guru. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan sumber data primer berupa lisan, analisis dengan mengumulkan informan dengan beberapa kriteria yang telah ditntukan kemudian dilakukan observasi atau pengamatan, teknik rekam, wawancara dan teknik catat. Penggunaan bahasa dalam situasi formal SD di Daerah Pandalungan Probolinggo dominan menggunakan bahasa bahasa Indonesia. Faktor-faktor sosial dan faktorfaktor situasional yang mempengaruhi variasi bahasa yakni faktor sosial ( lingkungan dan intesitas bertemu dengan guru) dan faktor situasional ( situasi kebahasaan dan kekerabatan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 111/18 Riz p
Uncontrolled Keywords: variasi bahasa, proses komunikasi, faktor sosial, faktor situasional
Subjects: P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
DICKY RIZALDY, 121411131013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutji Hartiningsih, Dra. , M.Hum.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 15 Dec 2018 14:49
Last Modified: 15 Dec 2018 14:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76815
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item