STRATEGI DIVERSIFIKASI, EFISIENSI, DAN KINERJA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

RISKA AGUSTIN, 041614153020 (2018) STRATEGI DIVERSIFIKASI, EFISIENSI, DAN KINERJA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TSM. 23-18 Agu s Abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TSM. 23-18 Agu s.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Strategi diversifikasi merupakan salah satu strategi penting dalam mengembangkan pangsa pasar perusahaan secara global yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Startegi diversifikasi dapat dilakukan dengan diversifikasi pada segmen industri yang berbeda dan diversifikasi internasional. Dalam melakukan pendekatan strategi diversifikasi dibutuhkan pengetahuan dan keefisiensian manajer dalam mengelola strategi tersebut sehingga dapat meningkatkan manfaat dari strategi diversifikasi terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi diversifikasi terhadap kinerja perusahaan yang dimoderasi oleh efisiensi. Penelitian ini dilakukan pada sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode pengamatan tahun 2012-2017. Berdasarkan kriteria populasi yang diterapkan, metode seleksi sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh data dari 71 perusahaan dengan 273 sampel data. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA) untuk mengetahui nilai efisiensi suatu perusahaan dengan bantuan software DEAP 21 dan menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh antar variabel dengan bantuan software SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diversifikasi industri dan diversifikasi internasional berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Efisiensi sebagai variabel moderasi menunjukkan hasil yang sama pada hubungan antara kedua jenis diversifikasi terhadap kinerja perusahaan. Efisiensi memperkuat pengaruh positif diversifikasi industri dan diversifikasi internasional terhadap kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM. 23-18 Agu s
Uncontrolled Keywords: diversifikasi, efisiensi, kinerja perusahaan, data envelopment analysisi (DEA).
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
RISKA AGUSTIN, 041614153020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahmat Setiawan, Dr., SE., MM.,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Dec 2018 07:44
Last Modified: 17 Dec 2018 07:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76825
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item