PRESENTEEISM PADA GURU SMA AL HIKMAH SURABAYA

MOCHAMAD AFFAN PRATAMA ARDIFA PUTRA, 041424153012 (2018) PRESENTEEISM PADA GURU SMA AL HIKMAH SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TSM. 27-18 Put p Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TSM. 27-18 Put p.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Biaya dari Presenteeism saat ini menjadi fokus perhatian manajemen sumberdaya manusia dan akademisi. Beberapa penelitian sebelumnya mencatat total biaya yang harus ditanggung oleh manajemen dari perilaku presenteeism lebih besar daripada biaya ketika karyawan melakukan absen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena presenteeism yang terjadi didunia akademik khususnya pendidikan menengah. Penelitian ini dilakukan pada sekolah menengah atas yang didirikan oleh Yayasan Islam Al-Hikmah di Surabaya. Penelitian ini menggunakan phenomenology Method dengan mendeskripsikan fenomena terjadinya presenteeism yang dilakukan oleh guru SMA Al-Hikmah, alasan guru melakukan presenteeism dan dampak presenteeism pada proses belajar mengajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fenomena presenteeism pernah dilakukan oleh 75% guru di SMA Al-Hikmah. Proporsi gender yang melakukan presenteeism seimbang dengan proporsi masing-masing 50%. Kemudian, mekanisme presenteeism terjadi ketika guru hadir dalam kondisi sakit hingga mencapai batasan kondisi kesehatan tertentu dan memutuskan untuk tidak hadir. Selanjutnya, Alasan guru melakukan presenteeism didasari oleh professionalism, social drive dan excessive task avoidance. Adapun dampak yang ditimbulkan dari presenteeism adalah berkurangnya kemampuan pemenuhan job demand sebagai seorang guru mulai dari physical demand, mental demand dan interactional demand. Dengan berkurangnya pemenuhan job demand ini, kualitas proses belajar mengajar akan berkurang dan pembentukan akhlak siswa akan terganggu. Di sisi lain, apabila guru melakukan absent maka dampaknya pada proses belajar mengajar akan lebih buruk dikarenakan guru pengganti yang menggantikan hanya menjaga kelas dan memberikan tugas pada siswa. Pada fenomena presenteeism di SMA Al-Hikmah ini menunjukan bahwa biaya absenteeism lebih tinggi dari presenteeism.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM. 27-18 Put p
Uncontrolled Keywords: Presenteeism, Absenteeism, Job Demand, Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators > LB2165-2278 Teacher training in universities and colleges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MOCHAMAD AFFAN PRATAMA ARDIFA PUTRA, 041424153012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDian Ekowati, SE.,M.Si.,M.AppCom (OrgCh).,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Dec 2018 08:06
Last Modified: 17 Dec 2018 08:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76831
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item