HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN SOSIAL DAN KEPERCAYAAN POLITIK TERHADAP PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DENGAN TINGKAT AKSES KONTEN BERITA POLITIK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

AFIF FACHRUDIN, 11141133045 (2018) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN SOSIAL DAN KEPERCAYAAN POLITIK TERHADAP PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DENGAN TINGKAT AKSES KONTEN BERITA POLITIK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kepercayaan sosial dan kepercayaan politik terhadap partisipasi politik pada pemilih pemula, dengan variabel intervening yaitu tingkat akses konten berita politik, dalam konteks pemilih presiden Indonesia tahun 2019. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Surabaya yang merupakan calon pemilih pemula pada pilpres dalam pemilu 2019 yang akan datang. Data diperoleh menggunakan metode survei dengan adaptasi skala Social Trust Index yang terdiri dari 6 aitem, Skala Kepercayaan Politik yang terdiri dari 27 aitem, translasi skala Exposure to Political News in Media yang terdiri dari 3 aitem dan Skala Partisipasi Politik yang terdiri dari 33 aitem. Analisis data dilakukan teknik korelasi parsial dan analisis jalur dengan menggunakan aplikasi SPSS Statistics 20 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan sosial dan kepercayaan politik, kepercayaan social dan partisipasi politik, tingkat akses berita politik dan partisipasi politik dan kepercayaan sosial melalui tingkat akses berita politik terhadap partisipasi politik pada pemilih pemula di kota Surabaya dalam konteks pemilihan presiden tahun 2019. Saran untuk penelitian selanjutnya, dapat dilakukan uji pengaruh karena penelitian ini hanya sampai uji hubungan saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 188/18 Fac h
Uncontrolled Keywords: Social Trust, Political Trust, Political Participation, Level of Political News Access
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
AFIF FACHRUDIN, 11141133045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSuryanto, Prof. Dr. , M.Si., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2018 12:02
Last Modified: 17 Dec 2018 12:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76878
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item