HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN KOMPETENSI GURU DI SDN INKLUSI MOJO III

MIRNA, 111411133016 (2018) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN KOMPETENSI GURU DI SDN INKLUSI MOJO III. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan kompetensi guru di SD Inklusi Mojo III Surabaya. Kecerdasan emosi didefinisikan sebagai kemampuan emosi yang meliputi kemampuan untuk mengendalikan diri, memiliki daya tahan ketika menghadapi masalah, mampu mengendalikan impuls, memotivasi diri, mampu mengatur suasana hati, kemampuan berempati dan membina hubungan dengan orang lain (Goleman,2009). Sedangkan kompetensi guru diartikan sebagai suatu keahlian atau kecakapan minimal yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran (Mudlofir,2012). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 42 orang yang terdiri dari 11 guru laki-laki dan 31 guru perempuan yang mengajar di SD Inklusi Mojo III Surabaya. Pengambilan data menggunakan metode survey dengan alat ukur Kecerdasan Emosi yang diadaptasi dari Astuti (200) sejumlah 50 aitem dan alat ukur Kompetensi Guru yang diadaptasi dari Astuti (20) sejumlah 60 aitem. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dari Spearman dengan bantuan program SPSS versi 22 for Windows. Hasil analisis data penelitian diperoleh koefisien korelasi kecerdasan emosi dengan kompetensi guru sebesar 0,899, dengan nilai p 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan kompetensi guru di SD Inklusi Mojo III Surabaya. Jika dilihat dari arah hubungan, terdapat hubungan yang positif antara kedua variabel. Sehingga jika kecerdasan emosi meningkat, maka kompetensi guru juga akan meningkat. Selain itu, didapatkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,832 yang berati kecerdasan emosi memberikan sumbangan efektif sebesar 82,3 % terhadap kompetensi guru dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 189/18 Mir h
Uncontrolled Keywords: emotional intelligence, teachers competence, teacher
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
MIRNA, 111411133016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrihastuti, Dra. ,SU., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2018 12:08
Last Modified: 17 Dec 2018 12:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76881
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item