ANALISIS SERVICE CONVENIENCE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN ADMISI DI RUANG RAWAT INAP KANDUNGAN DAN KEBIDANAN RUMAH SAKIT UMUM AISYIYAH PONOROGO

ENTI ISNARNI, NIM 101614453026 (2018) ANALISIS SERVICE CONVENIENCE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN ADMISI DI RUANG RAWAT INAP KANDUNGAN DAN KEBIDANAN RUMAH SAKIT UMUM AISYIYAH PONOROGO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 66_18 Isn a ABSTRAK.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 66_18 Isn a.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Umum Aisyiyah adalah salah satu rumah sakit swasta tipe C di Ponorogo. Dalam kurun waktu 3 tahun (Tahun 2014-2016), nilai BOR di Ruang Rawat Inap dan Kandungan mengalami penurunan dan belum mencapai BOR ideal. Pada Tahun 2015-2016, nilai BOR menurun sebesar 7,31%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun rekomendasi upaya peningkatan admisi di ruang rawat inap kandungan dan kebidanan berdasarkan analisis service convenience. Metode penelitian: Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian analitik observasional dengan rancang bangun cross sectional. Lokasi dan waktu penelitian adalah di ruang rawat inap kandungan dan kebidanan RSU Aisyiyah Ponorogo pada bulan November – Mei tahun 2018. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat inap yang sudah menjalani rawat inap minimal selama 24 jam dan pasien akan pulang. Teknik pengambilan sampel consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang. Hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas pasien memiliki penilaian yang baik terhadap decision convenience dan memiliki penilaian cukup baik terhadap access convenience, transaction convenience, benefit convenience dan post benefit convenience dan faktor rumah sakit (design system jasa). Hasil uji statistik regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh antara decision convenience (p=0,015, ß=0,218), transaction convenience (p=0,030, ß=0,179), benefit convenience (p=0,0001, ß=0,422) dan posbenefit convenience (p=0,001, ß=0,269) terhadap kepuasan pasien. Access convenience tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Ada pengaruh antara decision convenience (p=0,0001, ß=0,347), access convenience (p=0,0001, ß=0,334), dan benefit convenience (p=0,035, ß=0,198) terhadap loyalitas. Namun tidak terdapat pengaruh antara transaction convenience dan post benefit convenience terhadap loyalitas serta terdapat pengaruh antara kepuasan terhadap loyalitas (p=0,0001, ß=0,545). Namun tidak terdapat pengaruh antara transaction convenience dan post benefit convenience terhadap loyalitas serta terdapat pengaruh antara kepuasan terhadap loyalitas. Rekomendasi untuk RSU Aisyiyah Ponorogo dalam rangka meningkatkan admisi adalah perbaikan dan penambahan sarana prasarana, peningkatan sumber daya manusia serta perbaikan sistem pelayanan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 66/18 Isn a
Uncontrolled Keywords: kenyamanan layanan, kepuasan pasien, loyalitas dan admisi rumah sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
ENTI ISNARNI, NIM 101614453026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantS. Supriyanto, Prof. Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
ConsultantErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 18 Dec 2018 11:37
Last Modified: 18 Dec 2018 11:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76943
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item