SISTEM TATA KELOLA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA PADA DESA SUMBERPUCUNG KABUPATEN MALANG

FERLANDO ARTA PUTRA, 041411331061 (2018) SISTEM TATA KELOLA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA PADA DESA SUMBERPUCUNG KABUPATEN MALANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A 436-18 Put s.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dikeluarkanya Undang-Undang No. 6 tahun 2014 membuat dana yang dikeluarkan kepada Desa menjadi semakin besar. Pemerintahan Desa dituntut untuk bisa mengelola keuangan dengan baik sesuai dengan aspek yang telah ditetapkan berupa transparansi, akuntabilitas, partisipasi masyarakat dan tertib disiplin anggaran. Pelaksanaan pengelolaan ini tidaklah mudah karena Desa dituntut untuk konsisten dan menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan aspek pengelolaan keuangan mulai dari prosedur perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban yang sudah diatur dalam Permendagri Nomor 113 tahun 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menekankan pada persepsi dan deskripsi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 tahap, yaitu: 1). Reduksi Data, 2). Penyajian Data, 3). Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aspek pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, panatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban telah berjalan dengan baik. Namun dalam pelaksanaanya masih terdapat beberapa kesalahan yang harus segera diperbaiki terutama mengenai perencanaan dan dalam formasi pemerintahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.436/18 Put s
Uncontrolled Keywords: Transparansi, Akuntabilitas, Partisipasi Masyarakat, Tertib dan Disiplin Anggaran, Pengelolaan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
FERLANDO ARTA PUTRA, 041411331061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Agustia, Prof. Dr. H., SE,. M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 18 Dec 2018 14:15
Last Modified: 18 Dec 2018 14:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76971
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item