ANALISA RETURN ON INVESTMENT, GROSS PROFIT MARGIN, DAN SALES GROWTH SEBELUM DAN SESUDAH MEMPEROLEH SERTIFIKASI ISO 9001: 2000 PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BEJ

MELANI MESAYU DEWI, 040214510 (2007) ANALISA RETURN ON INVESTMENT, GROSS PROFIT MARGIN, DAN SALES GROWTH SEBELUM DAN SESUDAH MEMPEROLEH SERTIFIKASI ISO 9001: 2000 PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BEJ. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-dewimelani-4361-a4407-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7700.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada pasar dengan tingkat persaingan bisnis yang ketat, perusahaan harus memiliki produk atau layanan dengan mutu yang baik dan tinggi agar tetap dapat meningkatkan nilai kompetitif perusahaan. Makna mutu atau kualitas suatu produk atau layanan berkaitan erat dengan tingkat kesempurnaan, kesesuaian dengan kebutuhan, bebas dari produk cacat/ketidaksempurnaan, serta kemampuan dalam memuaskan konsumen. Perusahaan yang ingin bersaing di pasar global harus mampu mencapai tingkat mutu yang tinggi (quality level), bukan hanya pada produknya,namun secara menyeluruh menyangkut seluruh aspek dari perusahaan. Mutu yang baik hanya bisa dihasilkan oleh perusahaan yang memiliki sistem manajemen mutu yang handal, oleh sebab itu diterbitkan sertifikasi ISO 9001:2000 sebagai standar yang identik dengan pemenuhan kepuasan pelanggan dan perbaikan kualitas secara berkesinambungan. Penelitian ini meneliti apakah dengan diperolehnya sertifikasi ISO 9001:2000 mampu memberikan perbedaan yang signifikan bagi perusahaan, yang ditinjau dari sisi sales growth yang mengindikasikan pertumbuhan penjualan yang diterima perusahaan pasca perolehan sertifikasi, dari sisi gross profit margin melalui penurunan biaya melalui semakin berkurangnya pemborosan-pemborosan yang berasal dari aktivitas produksi perusahaan terutama semakin berkurangnya kesalahan-kesalahan, produk cacat, serta penurunan keluhan-┬Čkeluhan pelanggan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba melalui aktiva yang dimiliki perusahaan melalui return on investment. Penelitian ini menguji kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah perolehan sertifikasi ISO 9001:2000 yang dilakukan pada tahun 2001 dan 2002. Pada penelitian ini diperoleh 20 perusahaan manufaktur yang go public di BEJ yang dijadikan sebagai sample penelitian. Kinerja keuangan perusahaan yang diuji adalah return on investment, gross profit margin dan sales growth. Hasil dari pengujian yang menggunakan uji data berpasangan dengan periode tiga tahun sebelum dan tiga tahun sesudah, menunjukkan hasil yang signifikan terjadinya kenaikan kinerja pasca perolehan untuk return on investment dan sales growth, sedangkan untuk gross profit margin menunjukkan hasil yang tidak signifikan, meskipun setiap tahun perusahan mengalami peningkatan efisiensi biaya. Kondisi ini kemungkinan terjadi karena kondisi perusahaan juga dipengaruhi oleh indikator-indikator ekonomi seperti faktor sosial politik yang banyak tejadi di Indonesia dalam periode uji yang dapat mengganggu kestabilan ekonomi Indonesia baik dari tingkat harga yang mempengaruhi biaya dan perolehan laba bersih perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 44/07 Dew a
Uncontrolled Keywords: TOTAL QUALITY MANAGEMENT; RATE OF RETURN
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MELANI MESAYU DEWI, 040214510UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMurdiyati Dewi, Dra., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 20 Apr 2007 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 23:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7700
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item