SUSTAINABILITY ACCOUNTING:SEBUAH METAMORFOSIS AKUNTANSI( Studi pada PT Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Pesantren Baru Kediri)

ELITA MARSANTI, 041411331243 (2018) SUSTAINABILITY ACCOUNTING:SEBUAH METAMORFOSIS AKUNTANSI( Studi pada PT Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Pesantren Baru Kediri). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A 444-18 Mar s.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di Indonesia saat ini telah berkembang penelitian akuntansi yang membangun konsep pelaporan akuntansi yang mencakup dimensi sosial, ekonomi, lingkungan, tetapi terdapat sedikit penelitian yang meletakkan unsur agama dalam pelaporan akuntansi. Sejalan dengan fenomena tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif untuk mengetahui dan memahami lebih dalam penerapan praktik akuntansi dan pelaporannya kepada stakeholders kemudian mencoba merekonstruksi berdasarkan praktik sustainability accounting berdimensi keagamaan di salah satu unit kerja BUMN, yaitu PG Pesantren Baru Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sustainabiliy accounting berdimensi spiritual sebagai wujud metamorfosis akuntansi merupakan sarana yang baik bagi PG Pesantren Baru Kediri untuk diterapkan dalam kegiatan akuntansinya. Penerapan sustainability accounting dapat membantu perusahaan mempertimbangkan aspek-aspek pendukung perusahaan dalam melaksanakan aktivitas utamanya. Penerapan tersebut selain sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan, juga sebagai sarana melakukan pengendalian. Adanya pengendalian yang baik mencerminkan bahwa tantangan keberlanjutan bagi manajemen bukan merupakan suatu hal yang sulit diatasi, sehingga sustainability accounting dapat membantu manajemen dalam menjawab tantangan keberlanjutan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.444/18 Mar s
Uncontrolled Keywords: Metamorfosis Akuntansi, Sustainability Accounting, Keberlanjutan Perusahaan, Spiritual.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ELITA MARSANTI, 041411331243UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, Dr. , Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 19 Dec 2018 08:13
Last Modified: 19 Dec 2018 08:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77021
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item