PRINSIP MENGENAL NASABAH DALAM PENGELOLAAN RISIKO

Hendra Wijaya, 031214153075 (2016) PRINSIP MENGENAL NASABAH DALAM PENGELOLAAN RISIKO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
THB. 25-18 Wij p Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
THB. 25-18 Wij p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2021.

Download (371kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Prinsip mengenal nasabah adalah prinsip yang diterapkan oleh bank untuk mengenal dan mengetahui identitas nasabah, memantau kegiatan transaksi nasabah termasuk melaporkan setiap transaksi yang mencurigakan.Tujuan yang hendak dicapai dalam penerapan prinsip menganal nasabah adalah untuk mengenal profil dan karakter transaksi nasabah sehingga secara dini bank dapat mengidentifikasikan transaksi yang diduga mencurigakan, untuk meminilisasi operational risk, legal risk, concentration risk dan reputational risk. Prinsip mengenal nasabah atau KYC principle, tidak sekedar hanya mengenal nasabah tetapi lebih dari itu, karena bagaimana mungkin seorang karyawan nasabah atau calon nasabahnya. Prinsip mengenal nasabah menginginkan informasi lebih menyeluruh disamping jati diri atau identitas nasabah, juga hal-hal yang berkaitan dengan profil dan karakter transaksi nasabah yang dilakukan melalui jasa perbankan. Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah dalam transaksi perbankan merupakan faktor yang penting dalam melindungi tingkat kesehatan bank. Hal ini dikarenakan dengan adanya prinsip ini berarti bank akan terhindar dari berbagai risiko yang dapat mengganggu tingkat kesehatan bank itu sendiri. Risiko sebagai suatu kemungkinan akan terjadinya hasil yang tidak diinginkan, yang dapat menimbulkan kerugian apabila tidak diantisipasi serta tidak dikelola semestinya. Risiko dalam bidang perbankan merupakan suatu kejadian potensi baik yang dapat diperkirakan maupun tidak dapat diperkirakan yang berdampak negatif pada pendapatan maupun permodalan bank. Risiko tersebut tidak dapat dihindari namun dapat dikelola dan dikendalikan. Risiko ini haruslan sedemikian rupa untuk dapat diminimalisir potensi terjadinya sehingga tidak berdampak pada kesehatan bank.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THB. 25-18 Wij p
Uncontrolled Keywords: Prinsip Mengenal Nasabah, Perbankan, Nasabah
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Hukum Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
Hendra Wijaya, 031214153075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTrisandini Prasatinah, Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Dec 2018 08:34
Last Modified: 19 Dec 2018 08:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77029
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item