KEMAMPUAN OSTEOINDUKSI HUMAN ADIPOSED DERIVED MESENCHYMAL STEM CELL (HADMSC) DENGAN CHITOSAN SCAFFOLD TERHADAP KADAR FOSFOR DALAM SERUM DARAH

NINDYA RIZQI ANJANI MARHENDRA, 021511133002 (2018) KEMAMPUAN OSTEOINDUKSI HUMAN ADIPOSED DERIVED MESENCHYMAL STEM CELL (HADMSC) DENGAN CHITOSAN SCAFFOLD TERHADAP KADAR FOSFOR DALAM SERUM DARAH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
KG. 85-18 Mar k Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
KG. 85-18 Mar k.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Rekonstruksi kerusakan jaringan tulang yang luas merupakan salah satu perawatan dengan penyulit. Karena, saat memindahkan jaringan autolog seperti bone graft dapat menimbulkan komplikasi dengan persediaan jaringan yang terbatas sehingga menyebabkan masalah pada perbaikan kerusakan jaringan yang luas sehingga, prinsip tissue engineering yaitu stem cell, bioreactor/growth factor, dan scaffold digunakan sebagai alternatif untuk merekonstruksi kerusakan pada jaringan karena memiliki banyak keuntungan. Penggabungan hADMSC dan chitosan scaffold, diharapkan dapat memicu osteoinduksi yang dapat ditunjukkan oleh marker osteogenik seperti kadar fosfor dalam serum darah Tujuan: Membuktikan adanya osteoinduksi pada kombinasi Human Adiposed Derived Mesenchymal Stem Cell (hADMSC) dan chitosan scaffold menggunakan kadar fosfor dalam serum darah. Metode: Penelitian ini menggunakan 12 kelompok perlakuan dengan masing masing kelompok terdapat 5 sampel. Kelompok 1 hingga 4 adalah kelompok kontrol negatif hari ke-1,3,7,dan 14, sedangkan kelompok 5 hingga 8 adalah kelompok kontrol positif hari ke-1,3,7,dan 14. Kelompok 9 hingga 12 adalah kelompok perlakuan hari ke-1,3,7,dan 14. Pada kontrol negatif hanya dilakukan pengeburan tulang, pada kontrol positif dilakukan pengeburan tulang dan ditambahankan chitosan scaffold, dan pada perlakuan dilakukan pengeburan tulang dengan penambahan kombinasi hADMSC dan chitosan scaffold. Pengambilan darah akan dilakukan pada setiap kelompok untuk pemeriksaan kadar fosfor di dalam serum darah. Hasil: Ada perbedaan kadar fosfor dalam serum darah pada setiap kelompok walaupun secara statistik hanya ada perbedaan bermakna pada hari ke-14 Kesimpulan: Kombinasi hADMSC dan chitosan scaffold menyebabkan perubahan yang signifikan pada kadar fosfor dalam serum darah di hari ke-14 yang berarti kombinasi hADMSC dan chitosan scaffold memicu osteoinduksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 85-18 Mar k
Uncontrolled Keywords: Human Adiposed Derived Mesenchymal Stem Cell, chitosan scaffold, tissue engineering, fosfor
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
NINDYA RIZQI ANJANI MARHENDRA, 021511133002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Roelianto, drg. MS., SpKG (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorLatief Mooduto, Prof. Dr., drg. MS. Sp.KG (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Dec 2018 09:11
Last Modified: 20 Dec 2018 09:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77088
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item