PENGARUH FAMILY PSYCHOEDUCATION BERBASIS CARING TERHADAP KEMAMPUAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN ACTIVITY DAILY LIVING DAN SOSIALISASI PENDERITA SKIZOFRENIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BALONG PONOROGO

GANDES WIDYA HENDRAWATI, NIM.131614153093 (2018) PENGARUH FAMILY PSYCHOEDUCATION BERBASIS CARING TERHADAP KEMAMPUAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN ACTIVITY DAILY LIVING DAN SOSIALISASI PENDERITA SKIZOFRENIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BALONG PONOROGO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKP 36_18 Hen p ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
TKP 36_18 Hen p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Introduction: Family Psychoeducation berbasis Caring adalah salah satu elemen program perawatan jiwa keluarga dengan cara pemberian informasi dan edukasi melalui komunikasi yang terapeutik. Peran keluarga sejak awal akan meningkatkan keberhasilan perawatan penderita skizofrenia Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh family psychoeducation (FPE) berbasis caring terhadap kemampuan keluarga dalam meningkatkan ADL dan sosialisasi penderita skizofrenia. Method: menggunakan pendekatan True Experimental (pre & post test) Design. Jumlah populasi 112 orang. Besar sampel 62 responden dibagi menjadi dua, yaitu 31 responden dalam kelompok intervensi dan 31 responden dalam kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling menggunakan lotre. Variable Dependen: kemampuan keluarga dalam meningkatkan ADL dan sosialisasi penderita skizofrenia, variable independen: FPE berbasis caring. Instrumen penelitian: checklist, kuesioner, buku kerja, modul, booklet. Result: FPE berbasis caring dapat meningkatkan kemampuan keluarga dalam meningkatkan ADL dan sosialisasi penderita skizofrenia Analyzed: analisis menggunakan Mann Whitney Test bahwa FPE secara bermakna dapat meningkatkan kemampuan keluarga (t= 0,000 < 0,05) dan FPE mempengaruhi secara signifikan kemampuan keluarga ( (t= 0,000 < 0,05) Discuss and conclusion: FPE berbasis caring bermanfaat untuk membantu keluarga meningkatkan kemampuannya dalam merawat anggota keluarganya dalam meningkatkan ADL dan sosialisasi. Perawatan secara konsisten dan kontinyu akan memberikan hasil yang optimal, yaitu peningkatan ADL dan sosialisasi secara bertahap sampai akhirnya penderita menjadi mandiri dalam ADL dan sosialisasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 36/18 Hen p
Uncontrolled Keywords: FPE, caring, kemampuan keluarga, ADL, sosialisasi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
GANDES WIDYA HENDRAWATI, NIM.131614153093UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantAh. YusufUNSPECIFIED
ConsultantEka Misbahatul. M.Has., S.Kep.Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 20 Dec 2018 14:20
Last Modified: 21 Dec 2018 14:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77137
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item