PENGARUH SPIRITUAL MINDFULLNESS BASED ON BREATHING EXERCISE TERHADAP KECEMASAN, KADAR GLUKOSA DARAH DAN TEKANAN DARAH PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2

TUTY ALAWIYAH ALIMUDDIN, NIM. 131614153096 (2018) PENGARUH SPIRITUAL MINDFULLNESS BASED ON BREATHING EXERCISE TERHADAP KECEMASAN, KADAR GLUKOSA DARAH DAN TEKANAN DARAH PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKP 38_18 Ali p ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
TKP 38_18 Ali p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Perubahan mendadak dalam hidup membuat penderita DM menunjukkan beberapa reaksi psikologis negatif yang berakibat pada peningkatan tekanan darah (TD) dan glukosa darah. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh spiritual mindfulness based on breathing exercise terhadap kecemasan, kadar glukosa darah, dan TD pada pasien DM tipe 2. Metode: Penelitian ini menggunakan quasy experimental study rancangan pre test dan post test with control group design dengan jumlah sampel 32 responden dan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Intervensi dilakukan selama 4 minggu (15 menit tiap kali intervensi). Variabel terdiri dari spiritual mindfulness based on breathing exercise, kecemasan, kadar glukosa darah, dan TD. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner Zung SRAS untuk tingkat kecemasan, glukometer untuk mengukur GDP dan GDPP, serta tensimeter aneroid dan stetoskop untuk mengukur TD. Uji statistik menggunakan Mann Whitney Test, Wilcoxon Signed Rank Test, dan Friedman Test. Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan bahwa spiritual mindfulness based on breathing exercise berpengaruh terhadap penurunan kecemasan pada tiap kelompok (p=0,010 untuk kelompok perlakuan dan p=0,014 untuk kelompok kontrol), menurunkan kadar glukosa darah rata-rata secara signifikan setiap minggunya pada pengukuran antar waktu (p=0,001), dan berpengaruh terhadap TD sistolik secara signifikan setiap minggunya pada pengukuran antar waktu (p=0,001). Diskusi: Intervensi spiritual mindfulness based on breathing exercise membantu pasien dalam meningkatkan fokus terhadap kondisi saat ini tanpa adanya upaya untuk menyalahkan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sehingga pasien mampu lebih nayaman dan merasa tenang. Intervensi ini berpengaruh terhadap penuruanan kecemasan, kadar glukosa darah rata-rata dan TD sistolik pasien DM tipe 2.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 38/18 Ali p
Uncontrolled Keywords: mindfulness, mindfulness base
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
TUTY ALAWIYAH ALIMUDDIN, NIM. 131614153096UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantKusnanto, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantIlya Krisnana, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 20 Dec 2018 15:08
Last Modified: 21 Dec 2018 14:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77150
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item