PENGEMBANGAN MODEL DISCHARGE PLANNING BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT SECI MODEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN ACTIVITY DAILY LIVING DI RSU MOHAMMAD NOER PAMEKASAN

WAHYU DARNANIK, 131614153061 (2018) PENGEMBANGAN MODEL DISCHARGE PLANNING BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT SECI MODEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN ACTIVITY DAILY LIVING DI RSU MOHAMMAD NOER PAMEKASAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TKP. 83-18 Dar p Abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
TKP. 83-18 Dar p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pelaksanaan discharge planning dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan perawatan yang diperlukan pasien selama di rumah. Hal ini dapat meningkatkan kemandirian activity daily living serta mengurangi resiko kekambuhan. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan model discharge planning berbasis knowledge management SECI model terhadap kemandirian ADL. Metode: Desain penelitian menggunakan survey eksplanasi deskriptif dan quasy experiment. Sampel penelitian adalah sebagian perawat di RSU Mohammad Noer dan RSU As Syifa Pamekasan berjumlah 102 perawat, dan 102 pasien yang dirawat, dipilih menggunakan tehnik purposive sampling serta pasien yang dirawat di ruang paviliun dan Irna 1 berjumlah 25 pasien, dipilih dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Variabel penelitian adalah discharge planning berbasis knowledge management SECI model, dan kemandirian ADL. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Hasil dan Analisis: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh discharge planning (saat masuk rumah sakit, selama dirawat dan saat diperbolehkan pulang) berbasis knowledge management SECI model terhadap kemandirian ADL. Hasil penerapan modul menunjukkan bahwa ada pengaruh discharge planning berbasis knowledge management SECI model terhadap kemandirian ADL. Kesimpulan: Discharge planning berbasis knowledge management SECI model mempengaruhi kemandirian ADL. Discharge planning dilaksanakan dengan mengelola pengetahuan yang sudah dimiliki dalam tahap socialization, kemudian diterjemahkan dalam bentuk laporan pada tahap externalization, dan melalui proses combination dapat mengevaluasi pengetahuan yang sudah diberikan sampai dapat diaplikasikan dalam pelayanan pada tahap internalization. Model discharge planning berbasis knowledge management SECI model diharapkan dapat digunakan oleh perawat di rumah sakit dan institusi lainnya sebpagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan pasien agar mandiri dalam melakukan perawatan di rumah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP. 83-18 Dar p
Uncontrolled Keywords: discharge planning, knowledge management, SECI model, kemandirian ADL
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU DARNANIK, 131614153061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNursalam, Prof. Dr., M.Nurs (Hons),UNSPECIFIED
Thesis advisorSoenarnatalina Melaniani, Dr. Rr., Ir.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Dec 2018 14:39
Last Modified: 21 Dec 2018 14:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77182
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item