PENGARUH PSIKOEDUKASI DAN INTERACTIVE NURSING REMINDER BERBASIS SHORT MESSAGE SERVICE DENGAN PENDEKATAN TEORI LAWRENCE GREEN TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS HIDUP KLIEN TUBERKULOSIS

NURUL KHOIRUN NISA’, 131614153045 (2018) PENGARUH PSIKOEDUKASI DAN INTERACTIVE NURSING REMINDER BERBASIS SHORT MESSAGE SERVICE DENGAN PENDEKATAN TEORI LAWRENCE GREEN TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS HIDUP KLIEN TUBERKULOSIS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TKP. 85-18 Nis p Abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
TKP. 85-18 Nis p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi kronik dan menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis, menyerang paru dan dapat berdampak bukan hanya pada kesehatan fisik, tetapi juga pada keadaan psikis (mental) dan sosial. Metode: penelitian ini merupakan jenis quasy-experiment, dengan desain pre test and post test nonequivalent control yang dilakukan di Puskesmas wilayah kerja dinas kesehatan Jombang. Sampel pada penelitian ini sebesar 35 orang pada kelompok perlakuan dan 35 orang pada kelompok kontrol yang dipilih dengan simple random sampling sesuai dengan kriteria inklusi. Variabel pada penelitian ini psikoedukasi, interactive nursing reminder berbasis SMS, dan kualitas hidup (aspek kesehatan fisik dan psikologis). Hasil dan Analisis: hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel aspek kesehatan fisik dan psikologis pada kelompok perlakuan dan kontrol yaitu dengan p 0.000 (< 0.05) artinya terdapat perbedaan aspek kesehatan fisik dan psikologis yang signifikan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Diskusi dan Simpulan: psikoedukasi dan interactive nursing reminder berbasis SMS berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kualitas hidup klien Tuberkulosis. Pengaruh tersebut terjadi dalam meningkatkan kesehatan Klien TB pada aspek kesehatan fisik dan psikologis yang mana disertai dengan menurunnya tanda dan gejala yang terjadi pada Klien.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP. 85-18 Nis p
Uncontrolled Keywords: Tuberkulosis, Psikoedukasi, Interactive Nursing Reminder, Kualitas Hidup Klien
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NURUL KHOIRUN NISA’, 131614153045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoedarsono, Dr , dr., Sp.P(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorMakhfudli, Dr , S.Kep.,Ns.,M.Ked.Trop,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Dec 2018 14:58
Last Modified: 21 Dec 2018 14:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77184
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item