PENGARUH PERBANDINGAN RUTIN-KASEIN DAN PENGGUNAAN LAKTOSA SEBAGAI PROTEKTAN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN KELARUTAN MISEL KERING RUTIN

SINTA CHOIRUNISSA FITRIANA, 051411131134 (2018) PENGARUH PERBANDINGAN RUTIN-KASEIN DAN PENGGUNAAN LAKTOSA SEBAGAI PROTEKTAN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN KELARUTAN MISEL KERING RUTIN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FF.F. 04-18 Fit p Abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text (Fulltext)
FF.F. 04-18 Fit p.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rutin diklasifikasikan sebagai BCS Kelas II, ditandai dengan kelarutan yang buruk dan membuat sulit untuk mencapai bioavailabilitas tinggi dalam pemberian oral. Misel dapat meningkatkan kelarutan dan bioavailabilitas dengan struktur ampifiliknya yang berinteraksi dengan bagian nonpolar dari rutin dengan ikatan non-kovalen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan rutin-kasein dan penggunaan laktosa sebagai protektan terhadap sifat termal, kristalinitas, morfologi, dan kelarutannya. Misel kering disiapkan dengan mengaduk campuran larutan selama sepuluh jam, kemudian larutan dikeringkan dengan metode spray drying. Bentuk padat misel dievaluasi. Karakteristik fisik menggunakan DTA untuk analisis termal, menunjukkan bahwa misel kering 1:10 dan 5:10 dengan atau tanpa laktosa memiliki bentuk amorf dengan puncak endotermal tunggal; kristalinitas dianalisis menggunakan PXRD menunjukkan bahwa pola sinar-X misel tidak menunjukkan pola sinar-X rutin, tetapi menunjukkan bentuk amorf; morfologi misel kering dianalisis dengan SEM menunjukkan struktur sferis misel dan tidak ditemukan struktur kristal rutin. Formula dari misel kering rutin; M1, M2, ML1, dan ML2 memiliki kelarutan yang baik dalam air masing-masing sebanyak 42,72; 189,15; 42,24 dan 149,28 kali lebih besar daripada rutin. Hasil ini menunjukkan bahwa misel dapat memperbaiki karakteristik rutin yang buruk dan berpotensi meningkatkan kelarutannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF.F. 04-18 Fit p
Uncontrolled Keywords: rutin, kasein, misel, karakteristik fisik, kelarutan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmastika
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SINTA CHOIRUNISSA FITRIANA, 051411131134UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHelmy Yusuf, Ssi., M.Sc., PhD., AptUNSPECIFIED
ContributorRetno Sari, Dr., M.Sc., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 27 Dec 2018 00:45
Last Modified: 27 Dec 2018 00:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77195
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item