MANAJEMEN RISIKO PROSES PENGELOLAAN DANA PADA CROWDFUNDING BERKONSEP SYARIAH DALAM PENERAPAN FINANCIAL TECHNOLOGY (STUDI KASUS : PT TERNAKNESIA FARM INNOVATION)

M JAENUDIN, 041411431134 (2018) MANAJEMEN RISIKO PROSES PENGELOLAAN DANA PADA CROWDFUNDING BERKONSEP SYARIAH DALAM PENERAPAN FINANCIAL TECHNOLOGY (STUDI KASUS : PT TERNAKNESIA FARM INNOVATION). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.

[img] Text (ABSTRAK)
FEB EI 75-18 JAE M - ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 75-18 JAE M.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan pendanaan yang komprehensif dan inklusif merupakan tantangan di era sekarang. Oleh karena itu muncul inovasi keuangan yang menggabungkan layanan keuangan dan teknologi, salah satunya adalah Crowdfunding Perspektif Syariah. Namun, apapun jenis layanan keuangannya tidak dapat dipisahkan dengan risiko. Oleh karena itu, seperangkat prosedur manajemen risiko diperlukan untuk mengidentifikasi, mengukur, memitigasi, dan mengontrol risiko yang timbul dari kegiatan pengelolaan dana yang dilakukan oleh layanan keuangan tersebut, tidak terkecuali Crowdfunding Syariah. Crowdfunding Perspektif Syariah dalam objek penelitian ini adalah PT Ternaknesia Farm Innovation. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen risiko pada PT Ternaknesia Farm Innovation. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara langsung, dokumentasi dan observasi. Setelah pengumpulan data, hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis domain untuk mendapatkan kerangka manajemen risiko dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ternaknesia melakukan proses manajemen risiko berfokus pada pemilihan peternak dan melakukan pendampingan peternak. Hal itu dikarenakan inti bisnis pada Ternaknesia adalah pada sektor riil peternak. Selain itu, muncul juga risiko yang berkaitan dengan risiko teknologi, risiko investor, risiko kepatuhan syariah, risiko proyek investasi, dan risiko pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FEB EI 75/18 Jae m
Uncontrolled Keywords: TEKNOLOGI FINANSIAL, CROWDFUNDING PERSPEKTIF SYARIAH, RISIKO, MANAJEMEN RISIKO, TERNAKNESIA.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
M JAENUDIN, 041411431134UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorACHSANIA HENDRATMI, Dr., S.E.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 27 Dec 2018 02:05
Last Modified: 27 Dec 2018 02:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77207
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item