KARAKTERISTIK DAN PELEPASAN GENTAMISIN SULFAT DARI MIKROSFER NATRIUM ALGINAT 2,5% PADA SEDIAAN KRIM A/M

UMI BARIROH, 051411131136 (2018) KARAKTERISTIK DAN PELEPASAN GENTAMISIN SULFAT DARI MIKROSFER NATRIUM ALGINAT 2,5% PADA SEDIAAN KRIM A/M. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FF.F. 58-18 Bar k Abstrak.pdf

Download (39kB)
[img] Text (Fulltext)
FF.F. 58-18 Bar k.pdf
Restricted to Registered users only until 28 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil dan kinetika pelepasa mikrosfer gentamisin-alginat pada basis krim dengan sediaan krim gentamisin sebagai kontrol. Mikrosfer gentamisin sulfat dibuat dengan metode gelasi ionik tehnik aerosolisasi menggunakan polimer natrium alginat 2,5% dan CaCl2 sebagai larutan penyambung silang. Mikrosfer yang terbentuk kemudian di dispersikan pada larutan maltodextrin kemudian dikeringkan menggunakan freeze-dryer. Karakteristik mikrosfer berpengaruh terhadap pelepasan gentamisin sulfat dari basis krim. Oleh karena itu dilakukan karakterisasi meliputi uji kualitatif menggunakan DTA, pembuktian menggunakan FT-IR, bentuk dan morfologi partikel, ukuran dan distribusi ukuran partikel menggunakan Biological Microscope Model XSZ-107 Series, drug loading, efisiensi penjebakan, dan perolehan kembali. Diketahui bahwa diperoleh ukuran partikel yang kecil, sferis, dan seragam. Model kinetika pelepasan gentamisin-alginat pada basis krim mengikuti model kinetika higuchi sedangkan pada sediaan krim gentamisin sulfat mengikuti kinetika orde satu. Hasil fluks (laju pelepasan) gentamisin-alginat pada basis krim diperoleh nilai yang lebih kecil dibandingkan pelepasan gentamisin sulfat pada basis krim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF.F. 58-18 Bar k
Uncontrolled Keywords: Gentamisin sulfat, Gentamisin-alginat, mikrosfer, karakteristik, kinetika pelepasan, laju pelepasan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS200-201 Pharmaceutical dosage forms
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmastika
Creators:
CreatorsNIM
UMI BARIROH, 051411131136UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTutiek Purwanti, Dra., Apt., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorDewi M.H., S.Si.,M.Phil.,Ph.D.,AptUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Dec 2018 07:22
Last Modified: 28 Dec 2018 07:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77339
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item