ANALISIS LAMA WAKTU MENCARI KERJA BAGI TENAGA KERJA USIA MUDA DI INDONESIA

INDIRA SATITI, 041411133011 (2018) ANALISIS LAMA WAKTU MENCARI KERJA BAGI TENAGA KERJA USIA MUDA DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text (FULL TEXT)
C. 166-18 Sat a.pdf
Restricted to Registered users only until 28 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ketidaksempurnaan dalam pasar tenaga kerja mengakibatkan tenaga kerja usia muda membutuhkan waktu untuk mencari pekerjaan. Hal ini berakibat pada jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis lama waktu mencari kerja bagi tenaga kerja usia muda. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari SAKERNAS (Survei Keternagakerjaan Nasional) tahun 2014. Penelitian ini menggunakan model regresi logistik. Hasil estimasi menunjukkan bahwa, tingkat pendidikan, jenis kelamin, pengalaman bekerja, dan pelatihan kerja secara signifikan berpengaruh terhadap lama waktu mencari kerja tenaga kerja usia muda di Indonesia. Dengan semakin tingginya tingkat pendidikan tenaga kerja muda yang mencari kerja maka kemungkinan waktu mencari kerja akan semakin kecil. Pencari kerja usia muda berjenis kelamin laki-laki memiliki probabilitas lebih tinggi untuk mempunyai waktu mencari kerja lebih kecil dibandingan dengan pencari kerja usia muda berjenis kelamin perempuan. Dengan adanya pengalaman bekerja yang dimiliki pencari kerja usia muda maka kemungkinan waktu mencari kerja akan semakin kecil. Dan dengan adanya pelatihan kerja yang dimiliki pencari kerja usia muda makan kemungkinan waktu mencari kerja akan semakin kecil. Kata Kunci: tenaga kerja usia muda, waktu mencari kerja, tingkat pendidikan, jenis kelamin, pengalaman bekerja, pelatihan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C. 166/18 Sat a
Uncontrolled Keywords: tenaga kerja usia muda, waktu mencari kerja, tingkat pendidikan, jenis kelamin, pengalaman bekerja, pelatihan kerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsEmail
INDIRA SATITI, 041411133011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAchmad Sjafii, S.E.,M.EUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 28 Dec 2018 06:40
Last Modified: 28 Dec 2018 06:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77342
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item